5 Cara Membuat Buah Alpukat Cepat Matang

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 11/06/2021 17:30 WIB
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat buah alpukat cepat matang. Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat buah alpukat cepat matang. (iStockphoto/Milan Krasula)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tampilan alpukat yang mulus dan berkilau bukan jaminan. Namun, ada beberapa cara membuat alpukat cepat matang.

Memilih alpukat bisa jadi persoalan pelik. Anda yakin alpukat sudah matang dan siap santap, nyatanya saat dibelah yang terjadi justru sebaliknya.

Alpukat matang memiliki ciri lembut saat disentuh dan kulit gelap. Keberadaan goresan justru tak jadi soal.


Brooke Williamson, pemenang Top Chef menyarankan untuk mengecek batang atau titik di mana batang ranting menempel pada buah. Pada alpukat yang matang, batang akan mulai tenggelam.

"Batang mulai tenggelam ketika alpukat matang, sedangkan alpukat mentah memiliki batang yang masih utuh dan hampir menonjol," ujar Williamson, mengutip dari Insider.

Namun, jika alpukat yang Anda dapat ternyata masih mentah, tak perlu khawatir dan membuangnya. Ada beberapa cara membuat alpukat cepat matang.

1. Bungkus dengan kertas

Alpukat biasanya akan matang secara alami selama 3-4 hari. Anda bisa membantu proses mematangkan buah dengan membungkusnya menggunakan kertas atau tempatkan dalam tas kertas. Pembungkus ini akan menahan gas etilen yang dilepas alpukat sehingga membantu proses pematangan. Selain itu, bungkus kertas masih memungkinkan alpukat 'bernapas' sehingga tidak rentan busuk.

2. Gabung dengan pisang

Untuk mempercepat proses pematangan, gabungkan alpukat dengan satu atau dua buah pisang. Mengutip dari Foodie Crush, langkah ini bisa membuat alpukat matang hanya dalam waktu 1-2 hari.

ilustrasi Alpukat PotongIlustrasi buah alpukat. (iStockphoto/ediebloom)

Selain pisang, Anda bisa menggunakan kiwi atau apel. Buah-buahan ini akan memproduksi gas yang membuat buah yang keras perlahan jadi lembut. Gas alami ini akan memecah dinding dalam sel dan mengubah pati menjadi gula sehingga buah matang alami.

3. Simpan dalam suhu hangat

Setelah dibungkus kertas, usahakan simpan alpukat dalam suhu hangat tetapi jangan terlalu panas. Tak masalah jika Anda ingin meletakkannya di sudut rumah yang terkena cahaya matahari.

4. Panggang di oven

Ingin segera menyantap alpukat? Panggang saja di oven. Cara ini mungkin terdengar aneh tetapi sangat mungkin dicoba mengingat alpukat cukup fleksibel disantap dengan berbagai cara.

Mengutip dari Today, alpukat terlebih dahulu dibungkus dengan alumunium foil lalu panggang dengan suhu 93 derajat Celcius selama 10-15 menit atau lebih hingga lembut.

5. Hangatkan di microwave

Cara membuat alpukat matang dengan cepat salah satunya dengan menghangatkannya dalam microwave.

Pertama, potong alpukat jadi dua dan buang bijinya. Lalu bungkus masing-masing potongan dengan plastic wrap atau alumunium foil.

Masukkan ke dalam microwave dan atur hingga ke tingkat 'high' atau paling tinggi selama 2 menit. Setelah selesai, celupkan alpukat ke dalam air dingin untuk menghentikan proses memasak.

Kendati demikian, metode memanggang atau menghangatkan tak terlalu disarankan kecuali jika alpukat memang diperlukan saat itu juga.

"Menghangatkan dengan microwave dan memanggang alpukat mengubah struktur sel dalam daging buah. Tak ada yang lebih baik daripada alpukat segar dan Anda justru merusaknya jika dimasak," imbuh Williamson.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK