8 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Wanita Sebelum Tidur

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 18/06/2021 18:02 WIB
Pria dan wanita memiliki perbedaan dalam hal tidur. Ada kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang perlu dilakukan wanita. Ilustrasi. Ada kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang perlu dilakukan wanita. (Istockphoto/Deagreez)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pria dan wanita memiliki perbedaan dalam hal tidur. Ada kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang perlu dilakukan wanita.

Kurang tidur menjadi penyebab mendasar berbagai masalah kesehatan. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap malam. Namun, mengutip laman Harvard Health Publishing, lebih dari 60 persen wanita gagal mendapatkan tidur berkualitas.

Jajak pendapat yang pernah dilakukan National Sleep Foundation (NSF) Amerika Serikat melaporkan bahwa dua pertiga wanita mengalami masalah tidur setidaknya beberapa malam setiap minggu. Sebanyak setengahnya melaporkan bangun dengan perasaan tidak segar.


Ada beberapa hal yang perlu dilakukan wanita demi mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang perlu dilakukan wanita.

1. Upayakan suhu udara kamar yang tepat

Kamar tidur yang sejuk menjadi tempat terbaik untuk tidur. Suhu udara 16-19 derajat Celcius ideal untuk tidur yang berkualitas.

Mengupayakan suhu ruang yang tepat sangat penting dilakukan wanita. Apalagi jika mengingat suhu inti tubuh yang meningkat saat menstruasi.

2. Mandi sebelum tidur

Anda akan mulai merasa mengantuk saat suhu tubuh turun. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mandi sebelum tidur, baik dengan air dingin atau air hangat.

3. Hindari minum kopi atau merokok sebelum tidur

Kafein, alkohol, dan nikotin dapat membuat seseorang jadi lebih susah untuk tertidur. Untuk itu, Anda disarankan tidak meminum kopi, minuman beralkohol, atau merokok beberapa jam sebelum tertidur.

Calm peaceful mixed race young lady wearing sleeping mask, enjoying night dream, napping in comfortable bed at home. Top above view serene biracial millennial woman relaxing on pillow under blanket.Ilustrasi. Wanita lebih mungkin mengalami gangguan tidur daripada pria. (iStockphoto/fizkes)

4. Kurangi suara bising

Kebisingan dapat mengganggu kualitas tidur. Kebisingan membuat tidur jadi tidak menyegarkan.

Salah satu alternatif untuk menghilangkan suara bising adalah dengan menutupinya menggunakan perangkat 'white noise'.

5. Hilangkan paparan cahaya

Paparan cahaya dapat mengatur siklus tidur-bangun. Paparan cahaya malam hari atau cahaya redup sekali pun dapat mengganggu tidur. Batasi paparan cahaya dari luar ruang melalui penggunaan tirai yang berwarna gelap.

6. Meditasi atau relaksasi

Banyak wanita melaporkan gejala kecemasan yang meningkat sebelum dan selama menstruasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan teknik relaksasi, pernapasan dalam, meditasi, atau cara lainnya untuk mengatasi stres.

7. Hindari makanan berat sebelum tidur

Gangguan pencernaan, mual, dan diare dapat terjadi selama menstruasi dan dapat mengganggu tidur. Konsumsi makanan ringan dan menghindari makanan berat sebelum tidur dapat membantu menghindari berbagai masalah pencernaan.

8. Pilih posisi tidur yang nyaman

Sebelum dan selama menstruasi, wanita bisa mengalami kram, mual, dan nyeri otot. Memilih posisi tidur yang tepat dapat meminimalisasi tekanan pada area tertentu, seperti dengan tidur miring yang dapat membantu mengurangi gejala menstruasi saat tidur.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK