8 Gejala Penyakit Batu Ginjal

tim, CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 08:10 WIB
Batu ginjal merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada ginjal. Berikut adalah delapan tanda dan gejala penyakit batu ginjal. Ilustrasi. Batu ginjal merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada ginjal. Berikut adalah delapan tanda dan gejala penyakit batu ginjal. (iStockphoto/wildpixel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Batu ginjal terjadi saat mineral dan zat lain dalam darah mengkristal di ginjal dan membentuk massa padat berbentuk batu. Berikut gejala penyakit batu ginjal.

Batu ginjal biasanya keluar dari tubuh saat buang air kecil. Mengeluarkan batu ginjal bisa terasa sangat menyakitkan.

Sebagaimana dilansir Mayo Clinic, beberapa penyebab batu ginjal termasuk keturunan, dehidrasi, obesitas, diet tertentu, penyakit radang usus yang meningkatkan penyerapan kalsium, dan lainnya


Berikut adalah delapan tanda dan gejala penyakit batu ginjal, seperti dilansir Healthline.

1. Nyeri hebat di punggung serta perut

Nyeri batu ginjal - juga dikenal sebagai kolik ginjal - adalah salah satu jenis nyeri paling parah. Beberapa orang yang pernah mengalami batu ginjal membandingkan rasa sakitnya dengan melahirkan atau ditusuk dengan pisau.

Biasanya rasa sakit dimulai ketika batu bergerak ke ureter yang sempit. Hal ini menyebabkan penyumbatan, yang membuat tekanan menumpuk di ginjal.

Tekanan mengaktifkan serabut saraf yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Nyeri ini sering datang dan pergi, yang diperburuk oleh kontraksi ureter saat mencoba mendorong batu keluar.

Anda akan merasakan sakit di sepanjang sisi dan punggung Anda, di bawah tulang rusuk Anda. Ini mungkin menyebar ke daerah perut dan selangkangan Anda saat batu bergerak turun melalui saluran kemih Anda.

Batu besar bisa lebih menyakitkan daripada yang kecil, tetapi tingkat keparahan rasa sakit tidak selalu berhubungan dengan ukuran batu. Bahkan batu kecil pun bisa terasa sakit saat bergerak atau menyebabkan penyumbatan.

2. Sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil

Setelah batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, Anda akan mulai merasakan sakit saat buang air kecil. Dokter biasa menyebut kondisi ini disuria.

Rasa sakitnya bisa terasa tajam atau seperti sensasi terbakar. Jika tidak tahu bahwa Anda memiliki batu ginjal, Anda mungkin salah mengartikannya sebagai infeksi saluran kemih.

Terkadang, kondisi batu ginjal bisa terjadi bersamaan dengan infeksi tersebut.

3. Sering ke kamar mandi

Perlu pergi ke kamar mandi lebih mendesak atau lebih sering dari biasanya adalah gejala penyakit batu ginjal yang lain.

Ini menandakan bahwa batu telah pindah ke bagian bawah saluran kemih Anda. Anda mungkin akan menemukan diri Anda sering atau butuh ke kamar mandi terus-menerus sepanjang hari dan malam.

Simak gejala penyakit batu ginjal lainnya di halaman berikut.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK