5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Cepat Keriput

tim, CNN Indonesia | Minggu, 13/06/2021 21:00 WIB
Sadarkah Anda bahwa kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan keriput dan penuaan dini pada kulit? Sadarkah Anda bahwa kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan keriput dan penuaan dini pada kulit? (IStockphoto/FangXiaNuo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sadarkah Anda bahwa kebiasaan tidur yang buruk bisa menyebabkan keriput dan penuaan dini pada kulit?

Yang jadi masalah, tak banyak orang yang sadar bahwa cara mereka tidur bisa berpengaruh pada kulit wajah. Salah cara tidur bisa bisa-bisa bikin wajah keriput. Keriput adalah salah satu penuaan dini.

Anda tak mau kan, sudah capek-capek dan mahal pakai skincare tapi gara-gara kebiasaan tidur yang salah, semua jadi percuma. Anda mungkin termasuk yang melakukannya tanpa disadari.


Berikut empat kebiasaan buruk saat tidur yang bisa membuat kulit jadi keriput

- Tidak menghapus riasan wajah

Selelah apapun, jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah yang penuh makeup. Membiarkan wajah dengan riasan sepanjang malam tidak baik untuk kulit. Membiarkan riasan wajah semalaman bisa membawa banyak dampak buruk pada wajah.

Riasan bisa menyumbat pori hingga menimbulkan jerawat, maskara, eyeliner, atau eye shadow Anda mungkin juga mengiritasi mata Anda.
"Tidur dengan make-up meningkatkan paparan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kolagen dan membuat kulit menua lebih cepat," kata Dokter James C. Marotta, dilansir Bustle.

Pastikan tidak melewati beauty routine di malam hari. Anda setidaknya harus membersihkan wajah dua kali, menggunakan micellar water atau oil cleansing, dan dengan sabun wajah.

- Tidur di atas permukaan kasar

Membiarkan tidur di atas sarung bantal yang kasar, atau bantal yang sudah tidak empuk bisa membuat kulit wajah Anda menua lebih cepat.

Melansir Healthline, tidur di atas permukaan yang kasar dapat mengiritasi kulit dan menekan wajah selama berjam-jam. Akibatnya timbul kerutan. Sebaiknya Anda mengganti sarung bantal Anda dengan kain yang lebih lembut. Kain berbahan silk atau katun lembut bisa jadi pilihan ketika Anda membeli sprei dan sarung bantal selanjutnya.

- Tidur tengkurap atau miring

Sebagian besar kerutan di wajah disebabkan oleh ekspresi yang dibuat saat terbangun. Tetapi, kerutan di wajah dan dada juga bisa timbul ketika Anda terlalu lama tidur tengkurap atau miring.

Tidur tengkurap akan membuat wajah ketindihan berat tubuh dan membuatnya berkerut. Sama halnya dengan tidur miring. Sebagai alternatif, tidur dengan cara telentang.

- Tidur tanpa bantal

Posisi tidur dengan bantal di kepala bisa berdampak baik pada kulit wajah. Tidur dengan kepala terangkat lebih tinggi dari tubuh bisa membantu mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

Tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh juga membantu mengatasi dengkuran dan kenaikan asam lambung yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

- Kurang tidur

Kebiasaan tidur tidak tepat waktu, atau terjaga hingga tengah malam bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit. Ketika Anda tidak mendapat tidur cukup, kulit akan kehilangan cairan dan menjadi lebih kering.

"Kurang tidur membuat kulit kehilangan lebih banyak air dan menyebabkannya kering," kata dokter Jaliman, seperti dikutip Insider.

Kurang tidur juga membuat kulit kehilangan kekenyalan dan ketebalannya, serta membuat kantung mata.

(mel/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK