Melihat Kepribadian Seseorang dari Film Horor yang Digemari

tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 13:20 WIB
Menurut peneliti yang melakukan berbagai studi, terdapat hubungan antara pilihan film horor dan kepribadian seseorang. Menurut peneliti yang melakukan berbagai studi, terdapat hubungan antara pilihan film horor dan kepribadian seseorang. (dok. Warner Bros Pictures via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada banyak orang yang rela merogoh kocek untuk menonton film horor hantu pendendam, zombi yang mengejar-ngejar, hingga pembunuh berantai yang menggunakan gergaji meneror orang di layar. Mengapa?

Menurut seorang peneliti yang sudah melakukan berbagai studi, terdapat hubungan antara pilihan film horor dan kepribadian seseorang. Kepribadian seseorang dapat dilihat dari film horor yang digemari.

Seperti dilansir Today, jenis horor yang Anda sukai ternyata bisa menunjukkan siapa diri Anda.


Tak heran bila kemudian banyak pembuat film yang membuat karya dari genre ini. Pasalnya, film horor memang jenis yang bisa menghasilkan banyak uang.

Ini terbukti dari film The Conjuring 3 dan A Quiet Place 2 yang baru-baru ini berjaya di box office di tengah pandemi Covid-19.

Berikut beberapa jenis kepribadian orang yang bisa terlihat dari pilihan film horor kegemarannya.

1. Zombie

Train to BusanZombie di film Train to Busan. (dok. Next Entertainment World via IMDb)

Film bertema zombie biasanya digemari oleh orang yang memang cerdas. Ya, memang zombi sendiri bukan makhluk yang cukup pintar. Misalnya, mengapa selain makan manusia dia tak mengambil baju korbannya dan malah memilih memakai baju compang-camping?

Namun zombi adalah pilihan favorit para sutradara yang ingin memprovokasi cara berpikir orang sekaligus menakut-nakuti.

"Film zombi biasa diiringi dengan komentar sosial yang kadang jelas dan kadang tidak jelas," kata Steven Schlozman, asisten profesor psikiatri di Harvard Medical School.

Maka tak heran jika muncul pesan antikonsumerisme di Dawn of the Dead atau dilema moral di The Walking Dead.

"Film zombi juga populer di kalangan para pencari ketegangan dan kekonyolan," kata Deirdre Johnston, profesor di Hope College yang mempelajari efek film horor pada kalangan orang dewasa.

"Karena para penonton ini juga peduli soal bagaimana bisa tertawa dan bersosialisasi terkait dengan film itu. Mereka bisa menertawakan 'Dude, lihat deh zombinya bisa meledak!'"

2. Vampir

The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 2The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 2. (dok. Summit Entertainment via IMDb)

Pencinta film vampir digolongkan sebagai pribadi yang selalu merasa diri mereka seksi.

Tak ada yang pernah berkhayal menjadi zombi. Namun, menjadi makhluk supernatural yang rupawan biasanya menggoda imajinasi pencinta film-film vampir.

Lihat saja tagline film The Lost Boys: "Sleep all day. Party all night. Never grow old. Never die. It's fun to be a vampire."

Lalu perhatikan para pemeran film Twilight yang dibintangi oleh Robert Pattinson, Kristen Stewart, serta Taylor Lautner

"Vampir adalah segala hal tentang nafsu," kata Schlozman. "Plot cerita selalu tentang seksualitas di kalangan remaja dan dewasa muda - dia cantik dan menggoda, dan oh, dia sangat berbahaya!" kata Johnston.

Simak jenis kepribadian orang yang menyukai film horor 'slasher' dan hantu di halaman berikutnya.

Melihat Kepribadian Seseorang dari Film Horor yang Digemari

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK