Keasyikan Main, Gajah Muda Tersesat saat Migrasi di China

CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 18:07 WIB
Kawanan gajah yang sedang migrasi sedang berhenti di Kunming. Para ibu sibuk memanggil satu gajah jantan muda yang berjalan terlalu lamban. Ilustrasi gajah liar. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Suara lenguhan gajah terdengar di Kunming, ibu kota provinsi provinsi Yunnan, China, ketika kawanan satwa berbadan besar itu sedang berkumpul untuk beristirahat dalam perjalanan migrasinya.

Kawanan gajah terlihat berkumpul dan menunda perjalanannya karena menunggu satu gajah jantan muda yang nampaknya tertinggal jauh di belakang rute.

Gajah berusia 10 tahun itu tampak asyik bermain-main di sekitar barisan keluarganya selama perjalanan migrasi kemarin, sehingga terpisah 14 kilometer dari rombongan.


Gajah-gajah dewasa melenguh bergantian, mengeluarkan suara yang terkadang keras, seakan tak sabar menunggu si bocah yang mungkin berjalan lamban dan terlalu santai.

Chen Mingyong, seorang profesor di Universitas Yunnan yang memantau migrasi kawanan gajah ini, mengatakan kepada media China bahwa kawanan ibu gajah memberikan sinyal kepada gajah muda itu untuk "berlari".

Tetapi penyiar negara CCTV - yang menayangkan siaran langsung migrasi selama 24 jam - mengatakan sang gajah muda tidak menunjukkan tanda-tanda ingin bergabung kembali dengan kelompok itu.

Gajah jantan memang biasanya meninggalkan kawanan induknya untuk hidup sendiri atau dalam kelompok kecil dengan jantan lain saat mereka mencapai kematangan seksual.

Kawanan ini telah menempuh perjalanan sekitar 500 kilometer, dan sekarang berhenti beberapa hari di selatan Kunming, ibu kota provinsi provinsi Yunnan.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

Keasyikan Main, Gajah Muda Tersesat saat Migrasi di China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK