7 Hal yang Biasa Dijudge Orang Saat Pertama Kali Bertemu

tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/06/2021 13:18 WIB
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa kesan pertama seseorang terhadap Anda? Apakah mereka nilai Anda jadi orang sombong atau jutek? Pernahkah Anda bertanya-tanya apa kesan pertama seseorang terhadap Anda? Apakah mereka nilai Anda jadi orang sombong atau jutek?(iStockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

"Kirain dulu lo jutek gitu, ternyata asik juga."

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa kesan pertama seseorang terhadap Anda? Apakah Anda terlihat seperti seseorang yang dapat mereka percayai, atau apakah Anda terlihat seperti individu yang menjengkelkan bahkan sebelum Anda membuka mulut? Apakah pakaian Anda memberi kesan positif atau negatif?

Tak dimungkiri kesan pertama menentukan segalanya, meski sebenarnya Anda sudah berusaha jadi orang ramah dan selalu tersenyum, pasti masih ada orang yang judge atau menilai sifat Anda sesuka mereka.


Memang, dangkal untuk menilai seseorang hanya dari tampilan atau detik-detik awal Anda bertemu mereka. Tapi ini kenyataannya. Anda tak sendiri.

Lalu apa saja kesan pertama yang biasanya muncul setelah bertemu orang baru?

1. Bisa dipercaya atau tidak
Mengutip Business Insider, sebuah penelitian, peserta hanya diberi waktu 100 milidetik untuk menilai kepercayaan seseorang berdasarkan wajah mereka.

Rating mereka ternyata sama dengan mereka yang diberi waktu tak terbatas untuk tugas yang sama. Artinya, dalam beberapa detik atau menit pertama, Anda bisa tahu apakah dia bisa dipercaya atau tidak, seakurat orang yang sudah kenal lama.

2. Status ekonomi
Mengenakan pakaian bermerek tampaknya menyiratkan bahwa seseorang kaya, berbeda dengan seseorang yang tidak mengenakan pakaian bermerek.

3. Orientasi seksual
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang membaca orientasi seksual pria dalam 1/20 detik setelah bertemu dengan mereka.

Jangka waktu itu juga waktu minimum yang diperlukan untuk mengenali wajah.

4. Kecerdasan
Para peneliti menemukan bahwa mereka yang melakukan kontak mata saat berbicara dengan orang lain dianggap cerdas, karena tindakan tersebut berkorelasi dengan kecerdasan yang dirasakan lebih tinggi.

Orang yang memakai kacamata memberikan kesan yang sama, terlihat lebih pintar.

5. Sifat dominan

Pria botak ternyata terlihat lebih dominan dibandingkan pria yang memiliki rambut.

6. Kesuksesan
Peserta dalam sebuah penelitian diberi waktu 5 detik untuk melihat dan menilai keberhasilan pria dalam dua set foto.

Dalam satu set adalah pria dengan setelan jas, dan set lainnya adalah pria dengan setelan non-jahitan. Pria dengan setelan jas dinilai jauh lebih sukses.

Bagaimana dengan Anda? Apa yang biasanya Anda nilai atau judge ke orang lain saat baru ketemu pertama kali? Atau sebaliknya, apa yang orang-orang judge soal Anda pertama kali?

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK