Kepala Eijkman: Gejala Virus Corona Delta Punya Gejala Sama

tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 19:25 WIB
Kepala LPB Eijkman Amin Soebandrio menyebut tak ada bedanya antara gejala virus corona varian delta dari India dengan varian sebelumnya. Kepala LPB Eijkman Amin Soebandrio menyebut tak ada bedanya antara gejala virus corona varian delta dari India dengan varian sebelumnya. (iStockphoto/Ovidiu Dugulan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Virus corona varian delta dari India disebut-sebut memiliki beberapa gejala yang berbeda dengan varian lainnya. Beberapa gejala yang disebut sebagai gejala covid-19 akibat virus corona varian delta adalah gangguan pendengaran dan juga gangrene (pembekuan darah).

Bagaimana dengan Covid-19 varian delta yang sudah masuk ke Indonesia?

Kepala LPB Eijkman Amin Soebandrio mengatakan saat ini belum ada laporan mendasar terkait gejala gangguan pendengaran karena virus corona varian delta dari di Indonesia.

"Laporannya masih terbatas, jadi belum bisa diambil kesimpulan apakah terkait [gangguan pendengaran] atau tidak," katanya.


Ia menyamakan temuan itu layaknya beberapa gejala klinis dari virus Corona yang dikabarkan menyerang syaraf pusat. Laporan tersebut juga belum dibuktikan secara ilmiah.

Amin mengungkapkan bahwa gejala virus corona varian delta dari India ini sulit dibedakan dari varian lainnya. Yang membedakan adalah gejalanya lebih berat atau lebih cepat meninggal.

"Tidak ada pembeda, yang membedakan mungkin nanti apakah [gejalanya] lebih berat atau lebih cepat meninggal," ujar Amin kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/6).

"Tapi saat ini di Indonesia belum terlihat perbedaannya (varian delta dengan varian lainnya)."

Sebelumnya, mengutip berbagai sumber, para ilmuwan berpendapat varian delta tampaknya menyebabkan gejala yang sangat parah.

Beberapa gejala corona varian delta yang muncul berupa sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan nyeri sendi. Namun beberapa gejala yang muncul dan terlihat di India, pasien corona varian delta mengalami masalah gangguan pendengaran, sampai gangrene.

(can/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK