7 Bahan Alternatif Pengganti Micin, Rasanya Tak Kalah Gurih

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 20 Jun 2021 11:08 WIB
Beberapa bahan alternatif ini, mulai dari kecap hingga bawang putih, memberikan rasa yang tak kalah gurih dari micin. Ilustrasi. Beberapa bahan alternatif ini, mulai dari kecap hingga bawang putih, memberikan rasa yang tak kalah gurih dari micin. (Anelka/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Terlalu banyak asupan penyedap rasa atau micin bisa menimbulkan masalah kesehatan. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada beberapa bahan alternatif pengganti micin yang bisa dicoba.

Micin memang jadi pilihan yang tepat untuk memberikan rasa pada makanan. Mengutip Fit Day, Food and Drug Administration (FDA) bahkan telah merestui penggunaan bahan monosodium glutamate (MSG) alias micin sebagai bahan yang aman.

Sayangnya, terlalu banyak asupan micin, pada beberapa orang, bisa menimbulkan gejala-gejala klinis tertentu. Beberapa orang memutuskan untuk tidak menggunakan micin atas alasan kesehatan.


Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut sebagai alternatif micin.

1. Kaldu sapi

Kaldu sapi yang dimaksud bukanlah kaldu instan yang mudah ditemukan di pasaran. Untuk mendapatkan rasa terbaik, Anda bisa membuat kaldu sapi sendiri dengan menggunakan tulang sapi yang dimasak perlahan. Kaldu buatan sendiri akan meningkatkan rasa pada makanan.

Mengutip dari Cuisine Vault, kaldu sapi dan micin memiliki rasa yang mirip. Keduanya mengandung tinggi glutamat atau asam amino pada protein daging. Semakin lama diolah, semakin tinggi konsentrasi rasa umami yang diberikan.

2. Kecap

Kecap menjadi pengganti micin yang praktis dan mudah ditemui di pasaran. Kecap merupakan saus kaya rasa umami dan bisa ditambahkan pada tumis atau masakan berkuah.

Namun, cek label kemasan sebelum memutuskan membeli kecap di supermarket. Pastikan campuran MSG di dalamnya tidak terlalu banyak.

This is a photograph of soy sauceIlustrasi. Kecap bisa jadi salah satu alternatif bahan pengganti micin. (Istockphoto/taa22)

Selain kecap, Anda juga bisa menggunakan saus tiram atau kecap ikan. Gunakan dengan cermat sebab rasa asin yang intens nyaris bisa menggantikan garam.

3. Keju parmesan

Keju parmesan mengandung micin alami berkat proses fermentasi. Proses fermentasi menghasilkan pelepasan asam amino saat protein dipecah. Tidak heran jika campuran keju parmesan pada pasta, pizza, risotto mampu memberikan rasa gurih yang nikmat.

Hanya saja, keju parmesan biasanya tidak dimasukkan dalam masakan Asia dan tidak biasa jadi campuran tumis.

Simak bahan alternatif pengganti micin lainnya di halaman berikutnya.

7 Bahan Alternatif Pengganti Micin, Rasanya Tak Kalah Gurih

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER