7 Lokasi Menikmati Nyanyian Pasir yang Misterius

CNN Indonesia | Kamis, 17/06/2021 17:50 WIB
Marco Polo di abad ke-13 mengatakan bahwa ada pasir yang bisa bersuara. Ia menganggap suara-suara bergemuruh itu berasal dari roh gurun pasir yang jahat. Kelso Dunes di California. (iStockphoto/MichaelJust)
Jakarta, CNN Indonesia --

Marco Polo di abad ke-13 mengatakan bahwa ada pasir yang bisa bersuara. Ia menganggap suara-suara bergemuruh itu berasal dari roh gurun pasir yang jahat.

Gesekan pasir memang melahirkan fenomena unik. Kadang ada yang bernyanyi, berbisik, sampai mendengkur. Durasinya bahkan hingga 15 menit dan dapat didengar hingga jarak 10 kilometer. Beberapa bukit pasir diketahui melakukannya secara rutin, bahkan setiap hari.

Untuk mencoba dan mengungkap sifat dasar dari suara-suara misterius ini, Bruno Andreotti dari Universitas Paris-7 membawa peralatan ke area Gurun Sahara di Maroko, satu dari 35 tempat di dunia yang diketahui di mana musik alam yang misterius dapat didengar.


"Pasir bernyanyi merupakan salah satu fenomena alam paling membingungkan dan mengesankan yang pernah saya temui," kata Andreotti, seperti yang dikutip dari Live Science.

Andreotti dan timnya mempelajari salah satu area bukit pasir besar berbentuk bulan sabit, atau barchans, yang secara spontan bernyanyi sepanjang tahun - terkadang dua atau tiga kali sore, jika cukup berangin.

Angin memaksa pasir menumpuk di bagian atas bukit pasir hingga sudut kemiringan mencapai titik kritis sekitar 35 derajat. Longsoran pasir akhirnya menghasilkan suara menderu. Pasir harus cukup kering agar nyanyian terjadi. Untuk barchan yang lebih kecil, pasirnya juga harus panas dan anginnya tenang.

"Gunung pasir kecil bernyanyi hanya beberapa hari di mana tidak ada angin dan tidak ada awan sehingga Matahari dapat mengeringkan permukaan slip secara efisien," kata Andreotti kepada LiveScience.

Meskipun longsoran pasir diketahui menjadi penyebab nyanyian tersebut, mekanisme pastinya masih belum jelas.

Berikut deretan pasir yang bersuara di penjuru dunia:

1. Kelso Dunes dan Eureka Dunes di California

Kelso Dunes dan Eureka Dunes merupakan dua dari tujuh pasir bersuara yang ada di Amerika Utara. Kedua tempat ini juga populer menjadi destinasi pendakian, pemotretan fesyen sampai syuting film.

Cara terbaik untuk membuat pasir mengeluarkan bunyi dentuman ialah dengan membuat kelompok besar di puncak dan pada saat yang sama mencoba untuk mendorong pasir sebanyak mungkin, seperti longsoran salju.

2. Barking Sands Hawaii

Road to Barking sands Missile range area south Kauai, HawaiiBarking Sounds. (iStockphoto/Philippe FLEURY)

Barking Sands Beach adalah bagian dari Polihale State Park seluas 140 hektare yang merupakan salah satu pantai terpanjang di Hawaii. Pasir membentang lebih dari 12 mil dan termasuk bukit pasir yang menjulang setinggi 100 kaki.

Pergerakan massa pasir inilah yang memberi nama pantai yang aneh. Butir pasir kering memiliki lubang mikroskopis yang menyebabkan gema ketika bergerak dan bergesekan. Suara yang mereka ciptakan seperti anjing menggonggong.

Pantai dimulai di Kekaha tetapi beberapa mil terlarang dikunjungi karena pangkalan militer di Pacific Missile Range Facility.

Kadang-kadang akses ke Pantai Pasir Barking dibatasi ketika ada manuver militer dan jalan dijaga oleh pos penjagaan. Pengunjung dapat mengajukan izin terlebih dahulu untuk menghindari kekecewaan.

3. Singing Sand Dunes Qatar

Singing Sand Dunes Qatar adalah area seluas kurang lebih 100 km persegi dengan bukit pasir setinggi sekitar 60 meter yang jika tertiup angin bakal menyuarakan suara dengan vibrasi yang beragam.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada hari yang berangin. Jika angin sangat kencang, wisatawan bahkan dapat mendengar siulan samar yang membuat tempat ini semakin misterius.

Datang satu atau dua jam menjelang matahari terbenam juga disarankan.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

7 Lokasi Menikmati Nyanyian Pasir yang Misterius

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK