7 Kebiasaan yang Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/06/2021 20:00 WIB
Sistem kekebalan tubuh yang kuat jadi kunci pencegahan infeksi virus corona (Covid-19). Sayang, ada beberapa kebiasaan yang justru menurunkan daya tahan tubuh. Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. (Istockphoto/bymuratdeniz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat adalah salah satu cara untuk mencegah infeksi virus corona (Covid-19) yang kembali melonjak. Sayang, ada beberapa kebiasaan yang justru menurunkan daya tahan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

Selain dari menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di tengah lonjakan kasus yang terjadi saat ini, tentu menjaga sistem imun tetap kuat adalah kunci. Anda disarankan untuk melakukan berbagai hal untuk meningkatkan imun seperti pola makan yang sehat, rutin berolahraga, tidur cukup, hingga menghindari stres.


Namun, di luar itu, ada beberapa kebiasaan yang justru bisa memberikan dampak buruk. Alih-alih meningkatkan, kebiasaan-kebiasaan ini justru dapat menurunkan daya tahan tubuh.

1. Mager

Beberapa perusahaan masih menerapkan konsep work from home (WFH). Sayangnya, konsep ini justru membuat gaya hidup sedentari justru meningkat. Padahal, malas bergerak (mager) berisiko menurunkan sistem kekebalan tubuh.

"Kita kurang gerak, malah menurunkan imun kita, sehingga meningkatkan risiko infeksi," ujar spesialis kedokteran olahraga, Andi Kurniawan, dalam sebuah wawancara.

Anda disarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang. Olahraga membuat hormon stres terlepas sehingga menurunkan inflamasi sekaligus meningkatkan sel imunitas tubuh.

2. Konsumsi gula berlebih

Keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus berperan penting dalam pertahanan tubuh melawan penyakit. Namun, kebiasaan mengonsumsi gula berlebih dapat menurunkan mikroflora di usus.

ilustrasi gulaIlustrasi. Kebanyakan konsumsi gula dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. (iStockphoto/humonia)

"Gula ini disukai bakteri jahat dan bisa menekan bakteri baik, kemampuan sel darah putih jadi lemah," ujar ahli gizi, Rita Ramayulis. Sel darah putih yang lemah dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan berbagai penyakit.

Rita menganjurkan konsumsi gula harian tak lebih dari 5 persen dari energi total atau sekitar 26 gram.

3. Konsumsi makanan serba goreng

Proses menggoreng membuat kadar gizi dari makanan berkurang. Padahal, gizi yang tepat berperan penting dalam pembentukan sel kekebalan tubuh.

Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang digoreng. Sebagai alternatif, Anda bisa mengolah makanan dengan cara direbus atau dipanggang.

Simak kebiasaan yang menurunkan daya tahan tubuh lainnya di halaman berikutnya.

7 Kebiasaan yang Turunkan Sistem Kekebalan Tubuh

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK