7 Aktivitas yang Berisiko Terinfeksi Covid-19

tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 17:52 WIB
Selain menerapkan protokol kesehatan, Anda sebaiknya menghindari sejumlah aktivitas yang berisiko meningkatkan penularan Covid-19 sebagai berikut. Ilustrasi. Selain menerapkan protokol kesehatan, Anda sebaiknya menghindari sejumlah aktivitas yang berisiko meningkatkan penularan Covid-19 sebagai berikut. (LifeofPix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 selama beberapa waktu belakangan ini. Menjalani protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak merupakan salah satu cara agar terhindar dari penularan Covid-19, sekalipun sudah menerima vaksinasi.

Selain itu, Anda sebaiknya menghindari sejumlah aktivitas yang berisiko meningkatkan penularan Covid-19.

Berikut tujuh aktivitas yang berisiko terinfeksi Covid-19, menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).


1. Makan di restoran

Asian waitress with face mask and face shield taking food orders from customers.Ilustrasi makan di restoran. (iStockphoto/JimmyFam)

Dine-in atau makan di restoran merupakan salah satu aktivitas berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 karena beberapa alasan.

Pertama, berada di dalam ruangan yang cukup ramai bisa meningkatkan risiko kamu bertemu dengan orang yang membawa virus corona Covid-19.

Selain itu, melepaskan masker saat makan di restoran juga berpotensi tertular virus.

2. Naik transportasi umum

Melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum, seperti pesawat juga menjadi aktivitas yang berisiko terhadap penularan Covid-19.

Salah satu alasan mengapa naik pesawat masuk ke dalam kategori aktivitas berisiko adalah karena bandara tentunya akan dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai daerah atau negara.

Orang-orang tersebut bisa saja datang dari area yang berisiko tinggi, sehingga rentan membawa virus Corona.

Selain itu, sirkulasi udara di dalam pesawat yang terbatas dapat meningkatkan potensi penularan virus lebih cepat.

Selain pesawat, transportasi massal seperti bus dan kereta api juga meningkat risiko penularan Covid-19

3. Bertemu kerabat di dalam ruangan

ilustrasi teman kantorIlustrasi. (iStockphoto/PeopleImages)

Melakukan pertemuan dengan teman maupun keluarga di dalam ruangan bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19. CDC mengimbau untuk menghindari pertemuan dengan kerabat sebisa mungkin.

Sebab, virus akan lebih mudah menular di dalam ruangan, terutama dalam kondisi orang-orang yang saling berkumpul tanpa menjaga jarak dan memakai masker.

Simak aktivitas lain yang berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 di halaman berikut.

Hadir ke pesta pernikahan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK