5 Makanan Kaya Asam Folat, Baik untuk Ibu Hamil

tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 20:10 WIB
Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Berikut lima makanan yang kaya akan kandungan asam folat. Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Berikut lima makanan yang kaya akan kandungan asam folat. (iStockphoto/Fertnig)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama masa kehamilan, penting untuk diperhatikan asupan makanan sehat nan bernutrisi. Salah satu tak boleh terlewatkan adalah makanan yang kaya akan kandungan asam folat.

Folat merupakan nama lain dari B9, salah satu dari delapan vitamin B. Seperti vitamin B lainnya, folat memainkan peran penting dalam metabolisme protein dan membantu membentuk DNA. Selain itu, asam folat juga diperlukan untuk produksi sel darah merah yang sehat.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting terutama bagi ibu yang sedang hamil. Ibu hamil, setidaknya membutuhkan 600 mcg per hari. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat yang cukup dapat membantu mencegah cacat tabung saraf.


Keberadaan asam folat juga diperlukan untuk pembentukan tabung saraf dalam beberapa minggu pertama perkembangan janin. Cacat tabung saraf yang sangat serius (NTDs) seperti spina bifida dan anencephaly dapat terjadi jika ada kekurangan selama periode kritis tersebut.

"Asam folat tampaknya cukup penting dalam perkembangan sistem saraf," ujar Dr Mary Jane Minkin, seorang Clinical Professor of Obstetrics and Gynecology di Yale University, seperti dikutip Fatherly.

Penelitian menunjukkan bahwa risiko NTDs dapat diturunkan hingga 50 persen ketika hamil mengonsumsi asam folat yang direkomendasikan setiap hari selama kehamilan.

Sebagaimana dilansir WebMD, banyak makanan terutama sayuran berdaun hijau gelap menjadi makanan yang mengandung asam folat. Deretan makanan ini pun dapat menjadi asupan yang baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan.

Berikut lima makanan kaya asam folat yang baik untuk ibu hamil.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan meliputi buncis, kacang polong, dan lentil, merupakan sumber protein nabati yang sangat baik, serta kaya zat besi, magnesium, dan antioksidan.

Selain itu, kacang-kacangan tersebut juga tinggi folat. Setengah cangkir kacang merah memiliki 46mcg dan kacang polong hitam mengandung 105mcg.

2. Brokoli

Seperti banyak sayuran lainnya, brokoli kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin A.

Dalam satu porsi brokoli mentah mengandung 57mcg folat. Kandungan folatnya bahkan lebih tinggi saat memasak brokoli dengan porsi setengah cangkir di mana menyediakan 84mcg.

3. Telur

Telur adalah makanan sarapan yang umum dimana kaya vitamin dan mineral penting. Selain mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12, satu telur rebus mengandung 22mcg folat.

4. Jeruk

Jeruk dan buah lainnya paling terkenal karena kandungan vitamin C-nya. Selain itu, jeruk juga mengandung jumlah folat yang layak. Dalam satu jeruk segar kecil menyediakan 39mcg.

5. Pisang

Pisang biasanya dikenal paling baik karena kandungan potasiumnya. Selain itu, pisang juga tinggi karbohidrat dan mudah dicerna. Serta, satu pisang ukuran sedang juga mengandung 24mcg folat.

Klik halaman selanjutnya di sini.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK