7 Cara Seks Tetap Panas Kala Stres

tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 22:16 WIB
Ada beberapa cara yang bisa menyelamatkan seks dan keintiman bersama pasangan meski stres seolah menyita pikiran dan perasaan. Ada beberapa cara yang bisa menyelamatkan seks dan keintiman bersama pasangan meski stres seolah menyita pikiran dan perasaan. (Istockphoto/Milkos)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa yang tidak stres akhir-akhir ini? Kasus Covid-19 kian meningkat. Informasi pada Kamis (24/6), tercatat ada penambahan kasus positif harian sebanyak 20 ribu lebih kasus. Membuka media sosial pun seperti ada gelombang keluhan soal kesulitan mendapat bed di rumah sakit, isolasi mandiri karena positif Covid-19 hingga kesedihan akibat kehilangan.

Para ahli menyebut seks jadi salah satu jalan untuk melepas stres, menjadikan diri lebih rileks. Pertanyaannya, bagaimana bisa berhubungan seks saat stres melanda? Stres bisa merenggut kenikmatan seks dan membuat seks jadi kacau dalam sekejap.

Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa menyelamatkan seks dan keintiman bersama pasangan meski stres seolah menyita pikiran dan perasaan.


1. Nyalakan musik

Sebagian orang mengandalkan musik untuk menemani dalam berbagai aktivitas. Saat bercinta, tak ada salahnya menyelipkan musik untuk membangun mood. Peneliti di McGill University menemukan bahwa mendengarkan musik membuat orang merasa lebih baik.

Lebih spesifik, musik membantu tubuh melepaskan dopamin atau hormon yang membuat tubuh merasa lebih baik. Pertemukan musik dengan seks lalu Anda bisa memperoleh dopamin dua kali lipat. Musik perlahan bisa membimbing ritme saat bercinta menjaganya tidak menurun dan terpengaruh stres sehingga seks tetap bisa menyenangkan.

2. Latihan napas

Dalam dunia yoga dikenal konsep pranayama yakni, proses untuk mengendalikan napas. Sebagian besar latihan ini melibatkan pernapasan dalam lewat hidung. Latihan pernapasan akan meningkatkan perhatian, energi dan mengurangi stres sehingga hubungan seks bisa lebih baik.

"Bernapas lebih dalam dapat membantu kita mencapai orgasme lebih dalam, lebih kuat, dan tahan lama," Kait Scalisi, edukator seks, mengutip dari Fatherly.

Latihan napas dalam akan melibatkan otot dasar panggul yang merupakan kelompok otot yang berkontraksi saat orgasme. Fokus untuk bernapas lewat hidung. Scalisi mengingatkan bernapas lewat hidung meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu menurunkan tekanan darah.

3. Komunikasikan dengan pasangan

Ingat, belum tentu pasangan bisa tahu bahwa Anda sedang stres. Sebaiknya, akui dan komunikasikan dengan pasangan apa yang Anda rasakan, penyebab stres jika memungkinkan sehingga Anda bisa merumuskan langkah agar stres tidak sampai merusak kehidupan seks.

Melansir dari Good Housekeeping, dorong pasangan untuk mau berbagi tanggung jawab dengan Anda. Sesederhana berbagi siapa yang menyapu dan siapa yang mengepel atau menjadwalkan giliran siapa yang membuat menu MPASI buat anak.

7 Cara Seks Tetap Panas Kala Stres

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK