10 Makanan Kaya Antioksidan, Bantu Penyembuhan Penyakit

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 14/07/2021 17:47 WIB
Antioksidan dikenal karena kemampuannya melawan stres oksidatif yang picu banyak penyakit. Berikut daftar makanan kaya antioksidan. Ilustrasi. Antioksidan dikenal karena kemampuannya melawan stres oksidatif yang picu banyak penyakit. (PublicDomainPictures/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Antioksidan adalah senyawa penting yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Berikut pilihan makanan yang kaya kandungan antioksidan.

Antioksidan membantu menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan juga dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari ancaman virus corona penyebab Covid-19. Pasien yang menjalani isolasi mandiri juga disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya antioksidan.


Konsumsi beberapa makanan ini dapat membantu meningkatkan kadar oksidan dalam darah untuk melawan stres oksidatif dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Berikut beberapa makanan kaya antioksidan, mengutip berbagai sumber.

1. Dark chocolate

Cokelat hitam adalah salah satu makanan bergizi. Cokelat jenis ini biasanya mengandung lebih banyak kakao, mineral, dan antioksidan daripada cokelat biasa.

Mengutip Healthline, berdasarkan analisis, cokelat hitam memiliki antioksidan hingga 15 mmol per 100 gram. Angka ini bahkan lebih tinggi dari blueberry dan raspberry.

Antioksidan dalam kakao dan cokelat hitam juga telah ditemukan bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Blueberry

Meski rendah kalori, namun blueberry dikemas dengan kaya nutrisi, utamanya antioksidan.

Berdasarkan analisis, blueberry memiliki hingga 9,2 mmol antioksidan dalam 100 gram. Beberapa penelitian menemukan, blueberry mengandung antioksidan tertinggi di antara semua buah dan sayuran.

Blueberries with leaves. Selective focusBlueberry mengandung antioksidan tertinggi di antara semua sayur dan buah. (Istockphoto/LOVE_LIFE)

Blueberry ditemukan bekerja dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya dan mengurangi peradangan.

Selain itu, kandungan antosianin--salah satu jenis antioksidan--dalam blueberry juga telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

3. Stroberi

Selain rasanya yang manis, stroberi juga kaya vitamin C dan antioksidan. Stroberi menyediakan hingga 5,4 mmol antioksidan per 100 gram.

Sama seperti blueberry, kandungan antosianin dalam stroberi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Kale

Kale merupakan sayuran silang, sebagaimana brokoli dan kembang kol. Kale bahkan disebut-sebut sebagai salah satu sayuran paling bergizi di planet Bumi.

Kale kaya akan vitamin A, K, dan C. Kale juga kaya akan antioksidan, dengan menyediakan 2,7 mmol per 100 gram.

Simak makanan kaya antioksidan lainnya di halaman berikutnya...

10 Makanan Kaya Antioksidan, Bantu Penyembuhan Penyakit

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK