Alasan Hasil Tes Ulang Swab Covid-19 Beda Lab Bisa Berbeda

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 19:00 WIB
Bolehkah melakukan tes swab ulang di laboratorium berbeda untuk mendapatkan second option soal infeksi covid-19? Bolehkah melakukan tes swab ulang di laboratorium berbeda untuk mendapatkan second option soal infeksi covid-19? (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tes Covid-19 selalu jadi pengalaman paling mendebarkan. Saat menemukan hasil 'positif', ada rasa pasrah bercampur aduk dengan kecemasan akan hari-hari ke depan. Namun ada juga yang mempertimbangkan untuk melakukan tes ulang untuk mendapatkan opsi kedua di hari selanjutnya di tempat yang berbeda.

Yang banyak terjadi adalah mereka mendapatkan hasil yang berbeda. Anda pasti pusing jika mendapatkan hasil yang berbeda antara satu lab dengan lab yang lain.

Melihat banyak orang yang melakukan hal ini, Erlang Samoedro, ahli pulmonologi, mengatakan bahwa Anda tak bisa membandingkan hasil antara dua lab atau rumah sakit yang berbeda.


Anda bisa membandingkan hasil tes Covid-19. Namun tes sebaiknya dilakukan di laboratorium atau penyedia layanan tes Covid yang sama.

"Jangan [tes di laboratorium berbeda] nanti hasilnya beda-beda. Kalau mau dibandingkan hasil [lakukan tes di] laboratorium yang sama," kata Erlang lewat pesan singkat pada CNNIndonesia.com, Senin (19/7).

Hal senada juga disampaikan oleh Ida Ayu Putri Susanti, Kepala Unit Laboratorium Mayapada Hospital Kuningan.

"Dalam kasus itu (tes swab ulang keesokan hari dan di lab berbeda), tidak bisa dibandingkan," katanya kepada CNNIndonesia.com.

"Hasil PCR tidak bisa dibandingkan dengan rumah sakit lain, kenapa karena kita tidak tahu, alat dan reagen apa yg dipakai."

Ditambahkannya beda hasil swab di beda lab setelah beda hari juga disebabkan karena teknik swab yang mungkin berbeda pula setiap labnya. Selain itu, sebenarnya jeda hari juga akan sangat berpengaruh pada hasil.

"Balik lagi teknik swabnya sudah betul atau tidak sih saat menyentuh naso orangnya.

"Setiap harinya kondisi orang akan berubah sih secara logika tergantung imun seseorang. Beda jam aja bisa beda hasil sebenarnya."

Bolehkah tes ulang?

Baik Erlang maupun Ida Ayu sama-sama menegaskan untuk tidak membandingkan hasil tes di dua lab berbeda di hari yang berbeda.

"Saran kalau mau bandingin (jika mau tes di lab berbeda), sebaiknya (dilakukan) di hari yang sama," ungkap Ida Ayu.

Sebaliknya, jika Anda berniat untuk melakukan tes ulang di rumah sakit atau lab yang sama, maka Erlang menyarankan untuk memberi jeda selama 24 jam.

Jika hasil tes sama, Anda boleh merasa yakin akan kebenaran kondisi tubuh Anda. Kemudian kalau hasilnya berbeda, Erlang berkata Anda sah-sah saja untuk melakukan tes ketiga.

Menurut Erlang, hasil tes berbeda ini bisa disebabkan tidak semua lokasi pengambilan sampel sama kepadatan kumannya. Anda perlu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk melihat kondisi klinis atau gejala yang dialami.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK