HARI ANAK NASIONAL

Manfaat Tiup Lilin dan Potong Kue untuk Perkembangan Anak

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/07/2021 20:59 WIB
Tiup lilin dan potong kue saat ulang tahun bukan sekadar simbolik belaka. Berikut manfaat tiup lilin dan potong kue untuk perkembangan anak. Tiup lilin dan potong kue saat ulang tahun bukan sekadar simbolik belaka. Berikut manfaat tiup lilin dan potong kue untuk perkembangan anak. (Foto: iStockphoto/RuthBlack)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiap perayaan memiliki momen khusus yang membuatnya makin terasa istimewa. Pada perayaan ulang tahun, misalnya, tiup lilin dan potong kue selalu jadi yang ditunggu-tunggu.

Dua momen penting pada perayaan ulang tahun ini bukan simbolik belaka. Momen ini bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Berikut manfaat tiup lilin dan potong kue untuk perkembangan anak.

Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan perayaan ulang tahun dengan tiup lilin dan potong kue membuat anak merasa istimewa, diperhatikan, dan disayang. Perasaan seperti ini penting untuk anak karena dapat mempengaruhi cara mereka memandang diri mereka dan juga lingkungan sekitar.


Di masa pandemi Covid-19 ini, perayaan ulang tahun anak tetap bisa dilakukan dengan menyenangkan. Ayoe berkata anak masih bisa merayakan ulang tahun dengan orang terdekat. Ulang tahun pun tidak wajib meriah. Orang tua bisa memberikan ucapan saat anak bangun tidur, doa dan bersantap bersama diisi menu-menu kesukaan anak.

"Walaupun hanya merayakan dengan keluarga terdekat, sepanjang ada ucapan dan ada special treatment yang berbeda dengan hari-hari sebelumnya, tidak mesti mewah, bisa juga sederhana tapi juga istimewa, itu bisa membuat hari ulang tahun menjadi istimewa juga," kata Ayoe.

Perayaan ini tidak akan mengurangi perasaan spesial yang dirasakan anak. Tradisi tiup lilin dan potong kue juga tetap bisa dilakukan. Orang tua dapat menggunakan teknologi untuk mengadakan perayaan ulang tahun virtual dengan mengundang teman, guru sekolah, juga keluarga besar. Momen ini akan membangun ikatan, kedekatan, dan waktu berkualitas antara orang tua dan anak.

"Jika ada rezeki lebih, dapat mengirimkan hantaran-hantaran istimewa di hari ulang tahun atau memberikan kiriman kado, itu bisa menjadi salah satu alternatif untuk merayakan ulang tahun di masa pandemi," tutur Ayoe.

Selain merayakan ulang tahun yang hanya setahun sekali, orang tua juga bisa menciptakan momen-momen istimewa dengan anak.

Tidak harus mewah, cara sederhana dengan membuatkan makanan spesial buat anak pun bisa menjadi bermakna.

(els/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK