Tips Mendekor Rumah dengan Wastra Nusantara

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 31/07/2021 13:27 WIB
Anda bisa mempercantik ruang di rumah dengan menggunakan wastra Nusantara. Berikut tips mendekor rumah dengan wastra Nusantara. Anda bisa mempercantik ruang di rumah dengan menggunakan wastra Nusantara. Berikut tips mendekor rumah dengan wastra Nusantara.(Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama pandemi Covid-19, rumah menjadi tempat paling aman. Pekerjaan dan aktivitas lainnya kini banyak dilakukan dari rumah. Oleh karena itu kenyamanan rumah harus jadi yang utama.

Anda bisa meningkatkan kenyamanan rumah dengan memberikan sentuhan dekorasi. Salah satu inspirasi dekorasi rumah yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kenyamanan adalah menggunakan wastra Nusantara.

Desainer Didiet Maulana membagikan sejumlah tips mendekor rumah dengan wastra Nusantara. Direktur Kreatif Ikat Indonesia ini merupakan desainer yang terkenal dengan busana-busana dari wastra Nusantara. Selama pandemi, Didiet menjadikan wastra Nusantara itu sebaai elemen untuk memperindah rumah.


Berikut tips mendekor rumah dengan wastra Nusantara:

1. Sesuaikan dengan mood rumah

Tiap rumah atau hunian sejenis biasanya mengusung mood atau suasana yang diinginkan penghuninya. Ada yang menginginkan mood hangat di ruang keluarga, kemudian kesan tenang di kamar tidur, dan ceria untuk kamar anak.

Didiet menyarankan untuk mengambil wastra yang memiliki warna senada dengan mood yang sudah dimiliki rumah atau ruangan.

"[Anda] memadukannya dengan warna-warna yang selaras dengan furnitur dan mood dari rumah," kata Didiet usai perayaan 10 tahun Ikat Indonesia dan peluncuran label 'Griya' pada CNNIndonesia.com, Kamis (29/7).

2. Padukan wastra dan elemen yang menenangkan

Memberikan ruang sentuhan berupa wastra Nusantara atau elemen bernuansa motif wastra Nusantara mampu menyedot perhatian siapapun yang berada di sana. Menurut Didiet, wastra Nusantara akan membuat tampilan menjadi kuat.

Anda pun bisa menghadirkan elemen pendamping yang mampu memberikan keseimbangan sehingga tidak terkesan berlebihan.

"Mungkin di-toning down dengan mengambil salah satu warna yang kira-kira ada di ruangan tersebut sehingga terjadi benang merahnya," imbuhnya.

3. Tidak harus ganti furnitur

Jika ingin memberikan sentuhan yang berbeda pada rumah, Anda tidak perlu serta merta mengganti furnitur. Cukup berikan sedikit sentuhan semisal mengganti taplak meja, meletakkan hiasan pada sudut ruang atau sesederhana mengganti sarung cushion sofa.

Didiet berkata untuk warna cushion dengan nuansa wastra Nusantara, bisa disesuaikan dengan mood ruangan. Sebagai contoh, cushion warna biru akan pas untuk kursi atau sofa di ruangan yang menghadirkan suasana tenang. Berbeda dengan cushion warna terakota atau earth tone color lain yang pas untuk ruangan dengan mood hangat.

4. Wewangian ruangan

Kini penggunaan reed diffusion, scented candle mampu mendatangkan suasana tenang sekaligus mempertegas karakter ruangan. Anda bisa menyematkan wewangian ruangan yang penuh nuansa Nusantara, misalnya dengan unsur daun serai atau rempah lain dan juga wangi kayu cendana.

Itulah tips mendekor rumah dengan wastra Nusantara yang bisa Anda terapkan divrumah.

(els/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK