5 Kebiasaan yang Merusak Kulit

tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 17:42 WIB
Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang kesehatannya juga penting dijaga. Berikut lima kebiasaan yang merusak kulit. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang kesehatannya juga penting dijaga. Berikut lima kebiasaan yang merusak kulit. (iStockphoto/Artfully79)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang kesehatannya juga penting dijaga. Kulit yang sehat membuat seseorang tampak lebih segar, bahkan awet muda.

Namun tak jarang orang justru mengabaikan kesehatan kulit dengan melakukan berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan kulit tampak kusam, kering hingga iritasi.

Tanpa disadari, kerusakan kulit dapat terjadi akibat beberapa kebiasaan sehari-hari.


Berikut lima kebiasaan yang merusak kulit, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mandi air hangat

Setelah melakukan aktivitas seharian, mandi air hangat bisa membuat tubuh rileks sesaat. Namun, kenyataannya kebiasaan ini justru menjadi penyumbang rusaknya kulit tubuh Anda.

Ahli kesehatan kulit, Litya Ayu Kanya Anindya mengatakan, jangan gunakan air yang terlalu panas karena bisa mengganggu kelembapan kulit.

"Karena kalau panas, kulit akan melebar, pembuluh darah melebar sehingga cairan kulit akan mudah menguap, terjadi trans epidermal water loss atau keluarnya cairan melalui kulit," kata Litya saat ditemui di sela acara pada 2019 silam.

Dia lantas menyarankan untuk mandi dengan air suhu biasa atau suhu tubuh.

2. Merokok

Faktanya, merokok memang tak baik untuk kesehatan dan organ dalam tubuh. Begitu juga dengan kulit Anda, nikotin yang terkandung dalam rokok mengurangi aliran darah ke kulit Anda.

Akibatnya, kulit kekurangan cukup oksigen dan nutrisi yang bisa mencerahkan dan memberi kelembaban. Selain itu, bahan kimia dalam tembakau juga merusak protein kolagen dan elastin yang memberi struktur pada kulit Anda.

"Kulit perokok tipis, kusam, lebih keriput, dan kurang bisa sembuh," kata dokter kulit Yoon-Soo Cindy Bae, dari Pusat Laser dan Bedah Kulit New York, seperti dikutip WebMD.

3. Konsumsi gula terlalu banyak

Mengonsumsi gula berlebihan yang tidak diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur sama dengan memperburuk kondisi kulit Anda.

Beberapa penelitian menemukan diet tinggi gula dapat mempercepat proses penuaan. Penelitian juga menemukan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar dapat membantu mencegah kerusakan yang dapat menyebabkan penuaan kulit.



4. Tidak menggunakan tabir surya

Sinar matahari tak selalu baik untuk kulit. Terdapat sinar Ultra Violet (UV) yang memang harus dihindari bersentuhan langsung dengan kulit.

Sinar ini dapat menyebabkan penuaan dini hingga kanker kulit. Penggunaan tabir surya bisa membantu melindungi kulit anda dari buruknya sinar UV.

Pastikan Anda menggunakan cukup tabir surya dalam sekali pakai. Minimal satu sendok teh penuh untuk wajah Anda, termasuk garis di sekitar hidung dan di bawah dagu.

5. Stres berkepanjangan

Kondisi mental dan pikiran dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda. Oleh karenanya, jangan sampai stres menguasai Anda berkepanjangan.

Seseorang yang mengalami stres biasanya mengabaikan kesehatan kulit, dan berakhir memiliki kulit yang tidak terawat, berjerawat bahkan iritasi.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK