Perdana Kapal Pesiar Super Berlayar dari Arab Saudi

CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 04:10 WIB
Kapal pesiar mewah MSC Bellissima berlayar dari Arab Saudi ke perairan regional untuk pertama kalinya pada pekan lalu. Kapal pesiar mewah MSC Bellissima berlayar dari Arab Saudi ke perairan regional untuk pertama kalinya pada pekan lalu. Ilustrasi. (Istockphoto/guvendemir).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah kapal pesiar super berlayar dari Arab Saudi ke perairan regional untuk pertama kalinya pada Jumat (30/7) lalu. Pelayaran wisata itu meluncur seiring perluasan industri dan keanekaragaman ekonomi dari negeri yang bergantung pada minyak itu.

Kapal pesiar MSC Bellissima meninggalkan Saudi dalam serangkaian misi pelayaran dari Pelabuhan Islam Jeddah ke Aqaba di Yordania dan Safaga di Mesir.

Kapal mewah itu memiliki panjang 315 meter, tiga kali lipat lebih besar dibanding lapangan bola. MSC Bellissima dibangun di salah satu negara Eropa, yakni Perancis. Kapal raksasa ini memiliki berbagai fasilitas, termasuk kolam renang, gym, restoran, kafe, dan ballroom.


MSC Bellissima pertama kali diluncurkan pada tahun 2019. Kapal itu dioperasikan oleh perusahaan MSC Cruises yang berbasis di Swiss.

Lihat Juga :

Sebelumnya, Dana Investasi Publik kerajaan, Cruise Saudi telah mencapai kesepakatan MSC Cruises untuk meluncurkan pelayaran musim dingin antara November 2021 dan Maret 2022, pada April lalu. Kapal itu akan memulai 21 perjalanan, hingga 30 Oktober.

Menurut agen perjalanan, harga tiap perjalanan mulai dari 2.195 riyal Saudi (sekitar Rp8,4 juta). Rencana trip itu termasuk ke Luxor di Mesir dan Petra di Yordania.

Pelayaran ini akan dimulai dari Jeddah dan Dammam di pantai timur Teluk Arab Saudi dengan harapan dapat menarik 170 ribu tamu. Peluncuran layanan itu muncul dua hari usai Arab Saudi membuka terminal kapal pesiar pertama di Jeddah.

"Peresmian pelabuhan kapal pesiar pertama merupakan langkah penting untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata di kerajaan," ujar Direktur Pelaksana Cruise Saudi Fawaz Farooqi, dikutip Saudi Press Agency.

Industri pelayaran global menjadi salah satu sektor yang terpuruk akibat dari pandemi virus corona. Sebagai langkah pemulihan pariwisata, Saudi mempercepat upaya vaksinasi covid-19.

Pada Kamis lalu, kerajaan mengumumkan akan membuka pelayaran itu untuk pengunjung yang sudah divaksin secara penuh.

Untuk mencegah langkah penularan covid-19, Pemerintah Saudi juga memberlakukan karantina selama 14 hari kepada para awak kapal MSC Bellissima sebelum melakukan perjalanan.

Pengembangan di sektor pariwisata dan rekreasi merupakan salah satu rencana Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang tercantum dalam "Visi 2030."

Pemerintah Saudi menerapkan keputusan penting pada tahun 2019 dengan menawarkan visa turis. Mereka melonggarkan aturan yang sebelumnya membatasi kunjungan untuk wisatawan bisnis dan umrah.

Sebagai informasi, tercatat 49 negara telah memenuhi syarat untuk mengajukan permohonan mengunjungi kerajaan yang berpenduduk sekitar 35 juta jiwa itu.

(isa/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK