9 Gejala Covid pada Hewan: Demam hingga Sesak Napas

tim, CNN Indonesia | Senin, 02/08/2021 08:20 WIB
Dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan positif Covid-19. Kenali gejala Covid pada hewan agar dapat melakukan penangan yang tepat. Kenali gejala Covid pada hewan agar dapat melakukan penangan yang tepat.(Foto: REUTERS/TODD KOROL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua harimau Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan (TMR) positif Covid-19. Selain harimau, binatang lain, termasuk hewan peliharaan juga dapat terinfeksi Covid-19. Kenali gejala Covid pada hewan agar dapat melakukan langkah penanganan yang tepat.

Pada kasus harimau Sumatera di TMR, kedua harimau yang bernama Hari dan Tino itu mengalami gejala Covid-19 yang mirip pada manusia. Gejala Covid-10 pada harimau Sumatera itu meliputi flu, lemas, dan sesak napas.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sebagian besar hewan terinfeksi Covid-19 tertular setelah kontak dengan manusia yang terinfeksi Covid-19.


CDC menyarankan agar selalu memantau kondisi hewan untuk mendeteksi penyakit, termasuk Covid-19. Hewan yang sakit karena Covid-19 dapat memperlihatkan sejumlah gejala yang mudah diamati.

Berikut gejala Covid pada hewan:

Salah satu Harimau Sumatra yang terpapar COVID-19, Tino berada di dalam kandang di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Minggu (1/8/2021). Dua Harimau Sumatra penghuni Taman Margasatwa Ragunan, Hari dan Tino yang didiagnosis positif COVID-19 pada 15 Juli lalu saat ini kondisinya sudah mulai membaik setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.Harimau Sumatera di TMR positif Covid-19. Gejala Covid pada hewan meliputi demam, pilek, hingga sesak napas. (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
  1. Demam
  2. Batuk
  3. Kesulitan bernapas atau sesak napas
  4. Lesu (malas yang tidak biasa atau lamban)
  5. Bersin
  6. Pilek
  7. Kotoran pada mata
  8. Muntah
  9. Diare

Dokter hewan IPB Ligaya Tumbelaka juga mengatakan sejumlah gejala Covid-19 pada hewan meliputi hidung beringus, bersin, batuk, dan keaktivan yang menurun.

Covid-19 pada hewan hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan lab PCR. Jika hewan peliharaan Anda memiliki gejala-gejala tersebut, disarankan untuk tidak langsung membawa hewan ke dokter hewan.

CDC menyarankan untuk menghubungi dokter hewan terlebih dahulu dan melakukan konsultasi jarak jauh. Ikuti anjuran dokter hewan untuk memberikan penanganan yang tepat pada hewan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Berdasarkan data CDC, risiko hewan menyebarkan Covid-19 ke manusia dianggap rendah. Meskipun bakteri dan jamur tertentu dapat melekat pada bulu dan rambut hewan, hingga saat ini belum terdapat bukti virus Covid-19 dapat menyebar ke manusia dari kulit, bulu, atau rambut hewan peliharaan.

Itulah gejala Covid pada hewan yang dapat diamati.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK