5 Cara Merawat Sneaker Berbahan Kulit

tim, CNN Indonesia | Jumat, 24/09/2021 15:21 WIB
Kaleb Lucman, founder dan CEO Fine Counsel, berbagi tips mengenai perawatan sneaker kulit agar awet lebih lama. ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo menambah koleksi sneaker model low cut dengan bahan kulit. Sneaker dengan label Fine Counsel ini merupakan merek lokal dan jadi lini usaha pebulutangkis Greysia Polii. Apa Anda juga terinspirasi untuk memiliki sneaker kulit seperti Jokowi?

Kaleb Lucman, founder dan CEO Fine Counsel, berbagi tips mengenai perawatan sneaker kulit agar awet lebih lama.

1. Pakai shoe tree


Memiliki sneaker atau jenis sepatu berbahan kulit berarti harus berinvestasi pada shoe tree. Shoe tree merupakan selipan pada sepatu, biasanya berbahan plastik atau kayu. Menurut Kaleb, shoe tree akan menjaga sepatu tetap pada bentuknya dan tidak kendor.

2. Penggunaan leather moisturizer

Selain shoe tree, ada baiknya Anda melengkapi rangkaian perawatan sneaker kulit dengan leather moisturizer. Sebelum sneaker diletakkan di lemari sepatu, berikan moisturizer agar bahan kulit tetap terjaga kelembapannya dan tidak mudah kering.

Leather moisturizer ini bisa didapat di pasaran. Biasanya bahannya mirip oil atau beeswax (lilin lebah).

3. Jangan rendam sneaker dengan air

Membersihkan sneaker kulit terbilang tidak sulit. Anda cukup menyiapkan kain atau handuk dan air. Celupkan handuk pada air, lalu gunakan untuk menggosok bagian kulit yang kotor. Kemudian diangin-anginkan atau dijemur sebentar.

"Jangan dicuci direndam, jadinya rusak," kata Kaleb saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (16/8).

4. Hujan? Tak perlu khawatir

Indonesia hanya memiliki dua musim, musim kemarau dan musim hujan. Penggunaan sneaker kulit di musim hujan tentu mengkhawatirkan. Kaleb menyarankan agar sepatu yang basah segera dilap dengan kain bersih. Jaga agar jangan sampai sepatu terendam air.

"Banyak sekali shoe cleaner, sepatu kami pun tiap kali dititipkan bisa di-restore (diperbaiki, dikembalikan kondisinya), hasilnya pun rapi dan bersih," imbuhnya.

5. Semir sepatu

Ada sebagian orang yang menyukai sepatu kulit yang bersih mengkilat. Kaleb menyarankan untuk menggunakan semir sepatu sesuai warna kulit. Namun ada juga yang lebih menyukai sepatu kulit yang penuh guratan.

"Kulit asli itu pasti ada guratannya, kan kayak kulit manusia, ada gurat, kerut. Kalau mulus banget malah kulit imitasi," jelasnya.

Sebagian pelanggan justru bangga akan gurat pada sepatu sebab itu limited edition alias cuma dia yang punya sepatu dengan gurat khas. Kemudian agar sepatu lebih awet, perhatikan pemakaian. Untuk penggunaan sehari-hari, aktivitas berat (heavy duty), sangat disarankan untuk mengenakan sepatu berbahan kanvas.

Mungkin Anda khawatir kalau sepatu kulit kesayangan bakal tergores benda sekitar. Hanya saja goresan ini lebih seperti bekas luka, layaknya kulit manusia.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK