5 Cara Merawat Rambut Rontok Pasca Covid-19

tim | CNN Indonesia
Jumat, 03 Sep 2021 08:03 WIB
Banyak penyintas Covid-19 mengalami rambut rontok setelah terinfeksi virus corona. Terdapat sejumlah cara merawat rambut rontok pasca Covid. Banyak penyintas Covid-19 mengalami rambut rontok setelah terinfeksi virus corona. Terdapat sejumlah cara merawat rambut rontok pasca Covid.(Foto: iStockphoto/PORNCHAI SODA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak penyintas Covid-19 melaporkan mengalami rambut rontok setelah terinfeksi virus corona. Terdapat sejumlah cara merawat rambut rontok pasca Covid.

American Academy of Dermatology Association (AAD) menyatakan rambut rontok pasca Covid-19 adalah suatu kondisi yang umum. Pasalnya, demam, penyakit, dan stres dapat memicu kerontokan pada rambut.

"Kebanyakan orang mengalami kerontokan rambut dua hingga tiga bulan setelah demam atau sakit. Segenggam rambut bisa keluar saat Anda mandi atau menyikat rambut. Kerontokan rambut ini bisa berlangsung selama enam sampai sembilan bulan," tulis AAD.


Berikut cara merawat rambut rontok pasca Covid:

1. Konsumsi sumber vitamin

Ilustrasi sayur dan buahSalah satu cara merawat rambut rontok pasca Covid adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin.(Foto: iStock/carlosgaw)

Konsumsi makanan bernutrisi tinggi terutama yang mengandung vitamin A, B,C, D, E, dan K. Vitamin ini dapat mengurangi pigmentasi kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sejumlah studi menyarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian karena terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Asupan protein

Selain vitamin, protein juga berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Sebagian besar folikel rambut terbentuk oleh protein. Maka dari itu, asupan protein yang cukup dapat memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Konsumsi pula protein makanan yang mengandung asam lemak omega-3 karena baik untuk pertumbuhan sel, misalnya ikan berlemak dan minyak zaitun.

3. Sarapan di pagi hari

Pastikan untuk selalu sarapan di pagi hari. Mengisi perut di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel dan folikel rambut.

4. Kebersihan rambut

Jaga kebersihan rambut dengan rutin mencuci rambut. Setelah mencuci rambut, jangan biarkan rambut dalam kondisi lembap atau basah karena kandungan air dapat memberikan beban pada rambut sehingga menjadi lebih mudah rontok.

Hindari pula tidur dalam keadaan rambut basah.

5. Tidur teratur

Periksa kembali jam tidur Anda. Cobalah untuk tidur teratur dan cukup setiap hari. Tidur merupakan waktu bagi sel dalam tubuh untuk beristirahat, sekaligus memperbaiki diri, termasuk pada rambut.

Itulah cara merawat rambut pasca Covid-19 yang bisa Anda lakukan di rumah.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER