Vitamin C: Manfaat, Sumber, dan Dosis Harian

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 01/08/2021 14:46 WIB
Vitamin C berperan penting bagi sistem kekebalan dan metabolisme tubuh. Berikut manfaat, sumber, hingga dosis harian vitamin C yang diperlukan. Vitamin C berperan penting bagi sistem kekebalan dan metabolisme tubuh. Berikut manfaat, sumber, hingga dosis harian vitamin C yang diperlukan. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/NatchaS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejak dulu vitamin C dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satu yang paling menonjol adalah menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal tersebut lantaran vitamin C merupakan nutrisi yang paling esensial penting bagi sistem metabolisme tubuh.

Akan tetapi, kemungkinan manfaat vitamin C diyakini lebih banyak. Studi yang diterbitkan Preventive and Alternative Medicine meyakini bahwa vitamin C juga berperan dalam mencegah beragam masalah penyakit seperti kardiovaskular, kanker, stroke, kesehatan mata, dan gangguan imun.


Apa Itu Vitamin C?

ilustrasi suntik vitamin cVitamin C adalah nutrisi yang berperan penting bagi sistem kekebalan dan metabolisme tubuh (Ilustrasi Foto: iStockphoto)

Vitamin C atau yang dikenal dengan nama ilmiah ascorbic acid, L-ascorbic, dan L-ascorbate, adalah nutrisi yang dibutuhkan jaringan tubuh mulai dari pembuluh darah, otot, kolagen pada tulang, dan tulang rawan.

Merujuk Medical News Today, vitamin C berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan peran penting lainnya.

Secara alamiah tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C, sehingga perlu mendapatkannya dari sumber lain, seperti sayuran, buah, dan suplemen.

Manfaat Vitamin C

Setiap harinya tubuh memerlukan pasokan vitamin C dalam jumlah dosis tertentu. Vitamin C ini berfungsi untuk menjalankan proses metabolisme, antara lain:

  • Vitamin C membantu meningkatkan produksi jaringan kolagen, L-karnitin, dan neurotransmitter
  • Berperan sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas seperti polusi yang tidak diinginkan
  • Membantu penyerapan zat besi dari sumber nutrisi lain yang masuk ke dalam tubuh agar lebih optimal
  • Meningkatkan sistem imun yang dapat membantu tubuh melawan penyakit seperti pilek dan perdagangan paru-paru akibat flu.
  • Meningkatkan proses penyembuhan luka pada tubuh.
  • Mencegah kanker, dibuktikan dari bukti epidemiologis bahwa vitamin C dapat membatasi pembentukan zat-zat penyebab kanker sekaligus melemahkan kerusakan oksidatif penyebab kanker.
  • Mencegah penyakit kardiovaskular serta meningkatkan jaringan otot pada pembuluh darah.



Dosis Harian hingga Dampak Kekurangan Vitamin C

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK