12 Camilan Malam untuk Diet yang Tak Bikin Gemuk

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/09/2021 08:47 WIB
Ada banyak alternatif cemilan sehat sekaligus mengenyangkan tanpa khawatir berat badan naik. Berikut pilihan camilan malam untuk diet. Ada banyak alternatif cemilan sehat sekaligus mengenyangkan tanpa khawatir berat badan naik. Berikut pilihan camilan malam untuk diet. (Ilustrasi Foto: iStockphoto/pada smith)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memilih camilan malam untuk diet tidaklah sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan jumlah kalori dan pastinya sehat untuk dikonsumsi.

Hal tersebut harus diperhatikan karena sistem metabolisme tubuh ketika malam hari cenderung melambat. Disarankan tidak mengonsumsi makanan berat yang berisiko menimbun lemak, seperti mi instan.

Ada banyak alternatif cemilan sehat yang sekaligus mengenyangkan, sehingga Anda tidak akan tersiksa dan kelaparan saat menjalani diet.


1. Sereal gandum

ilustrasi oatmealSereal gandum dapat dinikmati sebagai camilan malam untuk diet (Ilustrasi Foto: Istockphoto/ Brycia James)

Menikmati semangkuk sereal gandum di malam hari bukan masalah besar. Asal porsinya wajar serta tidak berlebih.

Melansir Medical News Today, dalam 40 gram sereal gandum hanya mengandung 140 kalori yang sudah dilengkapi vitamin, mineral, dan serat. Serat larut pada sereal gandum dapat membantu mengatasi sembelit.


2. Pisang

ilustrasi foto pisang rebusPisang adalah camilan malam untuk diet yang tak akan bikin gemuk (Ilustrasi Foto: iStockphoto/JokoHarismoyo)

Pisang berukuran sedang dan tidak terlalu matang mengandung sekitar 105 kalori. Buah ini juga kaya akan serat, vitamin, mineral yang baik bagi tubuh.

Selain mengenyangkan, indeks glikemik pisang cenderung rendah. Kelebihan lainnya yaitu pisang dapat meningkatkan produksi melatonin atau hormon alami supaya mudah tidur.


3. Kacang

ilustrasi Kacang MeteKacang-kacangan tanpa perasa tambahan bisa menjadi pilihan camilan malam untuk diet (Ilustrasi Foto: iStock/salez)

Mengonsumsi kacang-kacangan tanpa perasa tambahan tidak akan membuat kalori tubuh melonjak. Justru kacang merupakan sumber protein nabati dan kaya serat serta lemak sehat yang dapat membantu membakar lemak.

Kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi untuk diet seperti edamame rebus, almond, kacang tanah, kacang mete, kenari, dan lainnya.


4. Selai kacang

Ilustrasi Selai KacangSelai kacang dengan biskuit gandum merupakan camilan malam untuk diet yang enak (Ilustrasi Foto: stevepb/Pixabay)

Perpaduan selai kacang dengan beberapa keping biskuit gandum bisa menjadi cemilan malam untuk diet yang enak. Selain membuat kenyang, keduanya juga dilengkapi serat.

Selai kacang tergolong ke dalam lemak tidak jenuh karena lemak sehat tersebut dapat mengontrol gula darah supaya tetap stabil.


5. Yoghurt

Plastic cup with yogurt on white backgroundYoghurt dengan potongan buah dapat dinikmati sebagai camilan malam untuk diet (Ilustrasi Foto: iStockphoto/belchonock)

Mengonsumsi protein kasein seperti dalam yoghurt, dapat mengurangi rasa lapar lebih awet dan terjaga sepanjang malam.

Jenis yoghurt yang disarankan untuk diet yaitu plain atau greek yoghurt. Menikmatinya bisa dengan beberapa potongan buah seperti stroberi atau kiwi.


6. Telur rebus

Ilustrasi telur ayamTelur rebus dapat dinikmati sebagai camilan malam untuk diet (Ilustrasi Foto: Pixabay/Taken)

Satu butir telur rebus ukuran sedang mengandung 6,28 gram protein yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain untuk cemilan malam, telur rebus dapat dikonsumsi ke dalam menu harian diet. Asalkan tidak melebihi 2 butir dalam sehari karena berisiko meningkatkan kolesterol.

Camilan malam untuk diet lainnya ada di halaman kedua...

Camilan Malam untuk Diet yang Tak Bikin Gemuk

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK