Posisi Tidur Ibu Hamil yang Paling Baik dan Mesti Dihindari

tim, CNN Indonesia | Rabu, 22/09/2021 10:15 WIB
Perut membesar kerap membuat ibu hamil sulit tidur. Ketahui posisi tidur ibu hamil yang paling baik untuk ibu dan juga janin. Perut membesar kerap membuat ibu hamil sulit tidur. Ketahui posisi tidur ibu hamil yang paling baik untuk ibu dan juga janin.(Foto: istockphoto/baona)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibu hamil kerap kesulitan mendapatkan posisi tidur yang nyaman dan aman untuk dirinya dan juga bayi yang dikandung. Salah dalam posisi tidur, kondisi janin bisa dalam bahaya.

Kenali posisi tidur ibu hamil yang paling baik dan juga mesti dihindari.

Studi menunjukkan posisi tidur ibu hamil yang paling baik adalah tidur miring. Posisi tidur miring memberikan sirkulasi terbaik untuk ibu dan bayi.


Tidur miring ke kiri misalnya, memberikan lebih sedikit tekanan pada pembuluh darah dan organ dalam ibu. Tidur miring ke kiri juga meningkatkan jumlah darah dan nutrisi menuju plasenta.

"Ditambah sirkulasi yang baik membantu mengurangi potensi pembengkakan, varises di kaki dan wasir," kata American Pregnancy Association.

Selain itu, terdapat pula beberapa posisi tidur ibu hamil yang mesti dihindari. Posisi tidur ini dapat menimbulkan bahaya bagi ibu dan janin.

Posisi tidur yang mesti dihindari ibu hamil adalah tidur terlentang. Posisi ini dapat menyebabkan sakit punggung, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, wasir, hingga tekanan darah rendah. Tidur telentang juga membuat sirkulasi oksigen dari jantung ke bayi menurun.

Ibu hamil juga mesti menghindari tidur tengkurap. Tidur tengkurap dapat menciptakan rasa tidak nyaman bagi ibu dan juga bayi dalam kandungan.

Itulah posisi tidur ibu hamil yang paling baik dan mesti dihindari agar ibu dan bayi tetap aman dan nyaman.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK