7 Cara Cegah 'Sunday Scary' Agar Akhir Pekan Lebih Bahagia

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 25/09/2021 18:23 WIB
Minggu malam kerap menjadi menakutkan karena semakin dekat menghadapi rutinitas. Berikut cara mencegah Minggu menakutkan agar akhir pekan lebih bahagia. Minggu malam kerap menjadi menakutkan karena semakin dekat menghadapi rutinitas. Berikut cara mencegah Minggu menakutkan agar akhir pekan lebih bahagia. (iStockphoto/triocean)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah Sabtu yang santai, Anda mungkin pernah merasa 'ketakutan' saat Minggu malam datang. Pasalnya, Anda semakin dekat untuk kembali menghadapi rutinitas, setumpuk pekerjaan, dan tugas selama satu pekan ke depan.

Kenyataannya, ini tak hanya dialami oleh Anda. Sebuah data statistik menyebutkan 76 persen orang dewasa di Amerika mengalami 'Sunday Night Blues,' di mana mereka menghabiskan hari terakhir akhir pekan dengan kecemasan dan rasa khawatir menghadapi Senin.

Meski begitu, Anda tak perlu terus merasa khawatir di Minggu malam karena harus kembali ke rutinitas pekerjaan. Menurut Insider, ada tujuh cara yang bisa Anda lakukan agar Minggu malam tak dipenuhi kecemasan pekerjaan.


Berikut tujuh cara mencegah Minggu malam menakutkan agar akhir pekan yang lebih bahagia.

1. Jadikan Minggu sebagai Sabtu yang baru

Kebanyakan orang bersenang-senang hanya di hari Sabtu, sementara di hari Minggu berkutat di rumah bahkan tak sedikit yang melanjutkan sisa pekerjaan.

Coba putar situasi, buat hari Minggu sebagai waktu Anda bersenang-senang seperti Sabtu. Minggu adalah hari Anda melakukan apapun yang membuat bahagia, entah itu pesta makan atau menonton film di rumah.

2. Rencanakan kegiatan Minggu sejak Jumat

Selesaikan semua pekerjaan di hari Jumat, Anda juga sekaligus bisa mulai membuat daftar hal yang akan dilakukan saat akhir peka, baik Sabtu atau Minggu, meskipun masih di tempat kerja pada hari itu.

Menyelesaikan beberapa tugas terakhir di hari Jumat membuat Anda tak perlu mengingat hal-hal kecil yang harus dilakukan di Senin pagi. Ini bisa membuat akhir pekan Anda tanpa stres memikirkan pekerjaan.

3. Ingat hal yang membuat bahagia

Jika Anda tak memiliki jadwal di hari Minggu, luangkan waktu untuk mencari ide atau mengingat apa yang benar-benar membuat bahagia.

Gunakan hari Minggu untuk melakukan hal yang benar-benar Anda sukai, maka menghadapi Senin akan terasa lebih ringan.

4. Menghabiskan waktu dengan teman

Meluangkan waktu bertemu dengan teman Anda di hari Minggu bisa mengurangi kecemasan dalam menghadapi Senin dan pekan kerja yang panjang.

Bertemu teman bisa mengalihkan pikiran dari rasa cemas berkepanjangan.

5. Aktif secara fisik dan mental

Berolahraga penting untuk kesehatan. Menghabiskan waktu singkat untuk berolahraga pada hari Minggu akan melepaskan endorfin dan membuat suasana hati terasa lebih baik.



6. Ubah hari Minggu jadi ritual pribadi

Lakukan perawatan diri di hari Minggu juga terasa tidak salah. Terutama selama beberapa jam sebelum Minggu berakhir. Anda bisa melakukan meditasi, mandi busa, atau membaca buku.

7. Bersikap baik pada diri sendiri

Jika enam langkah pertama telah Anda coba dan masih merasa cemas. Jangan keras pada diri sendiri. Yang paling penting adalah akui apa yang Anda rasakan, semua masalah tidak bisa diatasi kecuali Anda benar-benar jujur pada diri sendiri.

(tst/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK