5 Jenis Orgasme, Tidak Selalu soal Seks

tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/09/2021 22:30 WIB
Orgasme tidak selalu berhubungan dengan seks. Berikut jenis-jenis orgasme. Orgasme tidak selalu berhubungan dengan seks. Berikut jenis-jenis orgasme. (iStockphoto/KAZITAFAHNIZEER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Obrolan soal seks kadang dianggap tabu dan memalukan, apalagi soal orgasme. Padahal, orgasme dianggap sebagai puncaknya seks.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, definisi orgasme bisa dilihat dari kacamata medis meliputi perubahan fisiologi tubuh, juga kacamata psikologis di mana ada perubahan emosional dan kognitif.

Namun secara keseluruhan, orgasme bisa diartikan sebagai respons tubuh terhadap kesenangan. Pada perempuan, orgasme kadang jadi sesuatu yang sulit dicapai, nyaris mustahil bahkan tidak ditemukan selama berhubungan seksual.


Akan tetapi, ternyata orgasme tidak selalu berhubungan dengan seks. Pun Anda bisa mencapai jenis-jenis orgasme berikut dengan cara yang tepat.

Berikut jenis-jenis orgasme.

1. Clitoral orgasm

Adegan seks di video porno membuat sebagian orang menganggap penetrasi yang hebat akan menghasilkan orgasme. Padahal ada yang disebut clitoral orgasm.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal NeuroQuantology menyebut orgasme klitoris dihasilkan dari stimulasi langsung pada klitoris. Orgasmenya dideskripsikan sebagai sensasi 'tajam', 'meledak', dan terasa di area tersebut.

Ingin merasakan orgasme klitoris? Janet Wolfe, terapis seks yang berbasis di New York City, menyarankan untuk memperbanyak solo sex alias masturbasi.

Masturbasi membantu Anda menemukan gerakan atau stimulasi yang pas. Dari sini, Anda bisa mengkomunikasikan ke pasangan untuk bisa mewujudkan orgasme.

2. Vaginal orgasm

Bicara soal vaginal orgasm berarti mengaitkannya dengan G-spot. Orgasme satu ini dihasilkan dari stimulasi pada 'G-spot' lewat penetrasi. Tidak semua perempuan memperoleh orgasme lewat penetrasi.

Studi menyebut, vaginal orgasm seolah dirasakan seluruh tubuh dan bertahan lebih lama daripada clitoral orgasm. Perempuan yang mengalami vaginal orgasm juga melaporkan kemungkinan multiple orgasm (orgasme simultan).



Bagaimana cara mencapai vaginal orgasm?

Pertama, Anda harus menemukan G-spot. Para peneliti menyebut G-spot berada di dinding depan vagina. Penetrasi dari belakang bakal memungkinkan stimulasi di area ini.

Simak jenis orgasme lainnya di halaman berikut.

Jenis-jenis orgasme

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK