HARI PARIWISATA SEDUNIA

Pesan World Tourism Day 2021: Bukan Sekadar Jumlah Turis

CNN Indonesia | Senin, 27/09/2021 12:11 WIB
World Tourism Day (Hari Pariwisata Sedunia) tahun ini menggemakan semangat pariwisata yang inklusif dan tak sekadar bersaing jumlah turis. Wisatawan mancanegara di salah satu pasar tradisional di Bali. (iStockphoto/Space_Cat)
Jakarta, CNN Indonesia --

World Tourism Day (Hari Pariwisata Sedunia) yang dicanangkan oleh United Nations World Tourism Organization (Organisasi Pariwisata Dunia/UNWTO) dirayakan setiap 27 September.

Organisasi yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) ini sudah merayakan Hari Pariwisata Sedunia selama 40 tahun, tepatnya sejak 27 September 1980.

Tanggal 27 September dipilih sebagai Hari Pariwisata Sedunia karena di tanggal yang sama pada tahun 1970, Statuta UNWTO terbentuk.


Penentuan tanggal tersebut juga ternyata bersamaan dengan mulainya musim libur di belahan bumi bagian selatan dan berakhirnya musim libur di belahan bumi bagian utara.

Di Hari Pariwisata Dunia tahun ini, UNWTO memiliki tema 'Pariwisata untuk Pertumbuhan Inklusif'.

Sesuai dengan temanya, UNWTO ingin mengajak seluruh pihak untuk melihat pariwisata lebih dalam lagi, bukan hanya sekadar angka dan statistik, melainkan dampak baik untuk pelaku dan pelancong yang datang ke suatu destinasi wisata.

Tema tersebut juga dirasa pas untuk diterapkan di tengah pemulihan industri pariwisata pascapandemi virus corona.

Selama pandemi, di saat banyak wisatawan tak bisa berwisata, banyak sektor pariwisata yang terpukul.

Apalagi banyak negara yang menjadikan industri pariwisata sebagai salah satu pemasukan kas negara, seperti Indonesia.

Oleh sebab itu, menjelang dibukanya kembali gerbang pariwisata, negara-negara harus membenahi banyak sektor demi pemulihan yang merata.

Seluruh lapisan masyarakat yang hidup di dekat objek wisata harus menikmati dampak ekonominya, begitu juga kelestarian alam yang dijajaki wisatawan nantinya.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya...

Pesan World Tourism Day 2021: Bukan Sekadar Jumlah Turis

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK