HARI KOPI INTERNASIONAL

14 Hal Baik dan Buruk Minum Kopi Tiap Hari

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/10/2021 07:00 WIB
Minum kopi tiap hari bisa mendatangkan baik manfaat maupun buruk, apalagi jika minumnya berlebihan. Minum kopi tiap hari bisa mendatangkan baik manfaat maupun buruk, apalagi jika minumnya berlebihan. (iStock/Davizro)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mari rayakan Hari Kopi Internasional dengan secangkir kopi. Tiap 1 Oktober, orang diingatkan betapa beragamnya industri kopi saat ini. Namun buat mereka yang sehari-hari minum kopi, tentu tiap hari terasa seperti perayaan.

Akan tetapi, selalu ada perdebatan soal dampak konsumsi kopi buat kesehatan. Kaum pencinta kopi memandang minuman ini punya khasiat dan membuat diri lebih produktif. Sedangkan sebagian lain melihat kopi justru berbahaya buat tubuh sehingga tidak layak jadi minuman harian. Bagaimana dengan Anda?

Apabila dilihat lebih jauh, minum kopi tiap hari bisa mendatangkan baik manfaat maupun buruk, apalagi jika minumnya berlebihan.


Berikut manfaat minum kopi tiap hari

1. Tubuh lebih berenergi

Penikmat kopi sebagian memilih menikmati kopi di pagi hari. Selain agar lebih melek, siap dan waspada, kopi membuat tubuh lebih berenergi. Ini bukan sugesti sebab Steven Reisman, direktur New York Cardiac Diagnostic Center, berkata ini merupakan dampak kafein.

"Dengan kopi Anda akan merasa lebih berenergi karena kafein meningkatkan aktivitas otak dengan menghalangi adenosin dan meningkatkan neurotransmitter seperti dopamin dan norepinefrin. Ini mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan," jelas Reisman mengutip dari The List.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kopi mampu mendukung program penurunan berat badan Anda. Reisman berkata kopi bisa meningkatkan performa fisik saat berolahraga. Menyesap kopi juga membantu tubuh menyerap dan membakar asam lemak di aliran darah.

Akan tetapi bukan berarti cuma bermodal minum kopi lalu berat badan akan turun. Ahli diet Diane Vitzthum menekankan Anda tetap harus 'bekerja keras'. Sedangkan kopi sebagai pendukung dan masuk dalam elemen gaya hidup.

3. Menyehatkan pencernaan

Anda mungkin merasakan dorongan hebat untuk buang air besar setelah minum kopi. Rupanya kafein mampu merangsang pergerakan otot di usus sehingga membantu melancarkan pembuangan.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko pankreatitis, batu empedu dan penyakit kantong empedu," imbuh Lauri Wright, ahli gizi, mengutip dari Eat This, Not That!.

4. Kemampuan mengingat lebih baik

Minum kopi tiap hari berarti mengupayakan perlindungan buat otak. Ini terutama untuk penyakit alzheimer juga parkinson. Kemudian dampak yang tak kalah menakjubkan, kopi akan membantu menguatkan daya ingat.

"Kita selalu tahu bahwa kafein punya efek meningkatkan kognitif, tapi terutama pada menguatkan kemampuan mengingat dan membuatnya tidak mudah dilupakan belum diteliti secara detail pada manusia. Kami melaporkan efeknya untuk pertama kali spesifik pada kafein dalam mengurangi lupa lebih dari 24 jam," kata Michael Yassa, asisten profesor ilmu otak dan psikologi di Johns Hopkins University, mengutip dari laman Johns Hopkins University.

5. Menurunkan risiko kanker

Konsumsi kopi setiap hari secara moderat akan menurunkan risiko penyakit termasuk kanker jenis tertentu termasuk liver dan endometrium. Bahkan secara umum ahli menyebut kopi sebagai 'obat ajaib' dan membantu Anda hidup lebih lama.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan pada kopi. Namun perlu diingat, Anda perlu memperhatikan bahwa kopi yang dikonsumsi minum atau bebas kandungan gula atau Anda hanya akan memicu penyakit lain.

6. Mengurangi risiko penyakit liver

Selain kanker, rupanya kopi juga bisa melindungi organ hati atau liver dari berbagai masalah. Elizabeth Spencer, ahli gizi, menyebut konsumsi secara moderat (1-4 cangkir per hari) membantu liver melawan sirosis yang berkaitan dengan konsumsi alkohol, perlemakan hati yang tidak berhubungan dengan konsumsi alkohol, kanker hati dan hepatitis C.

"Pertumbuhan jaringan parut yang mengarah ke fibrosis hati diperlambat oleh produksi bahan kimia yang disebut paraxanthine. Paraxanthine diproduksi ketika tubuh mencerna kafein pada kopi, membuat peminum kopi memiliki risiko 84 persen lebih rendah terkena penyakit sirosis. Setidaknya 2-3 cangkir kopi kaya antioksidan dapat mengurangi 38 persen risiko terkena kanker hati," jelasnya.

7. Meningkatkan mood

Kafein mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu penurunan depresi. Bahkan riset menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Sebagaimana dilansir The Healthy, studi pada 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan mereka yang minum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari mengurangi risiko bunuh diri hingga 45 persen.

Simak dampak negatif minum kopi setiap hari di halaman berikut.

Dampak Negatif Kebanyakan Minum Kopi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK