HARI KOPI INTERNASIONAL

8 Fakta Tersembunyi Tentang Kopi

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/10/2021 10:10 WIB
Hari Kopi Sedunia atau International Coffee Day diperingati setiap 1 Oktober. Berikut delapan fakta kopi yang jarang diketahui. Hari Kopi Sedunia atau International Coffee Day diperingati setiap 1 Oktober. Berikut delapan fakta kopi yang jarang diketahui. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Kopi Sedunia atau International Coffee Day diperingati setiap 1 Oktober. Berikut delapan fakta kopi yang jarang diketahui.

Kopi adalah salah satu minuman favorit dunia dan dinikmati setiap hari oleh jutaan orang. Terdapat ragam jenis dan cara menikmati kopi bagi setiap pencintanya.

Namun di balik itu, kopi juga menyimpan sejumlah fakta tersembunyi yang jarang diketahui. Apa saja?


Berikut sepuluh fakta soal kopi yang jarang diketahui, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penemu kopi

Meskipun tidak jelas persis dari mana kopi berasal, legenda mengatakan bahwa efek stimulasi dari buah kopi secara tidak sengaja ditemukan oleh seorang penggembala kambing.

Kala itu, dia memperhatikan bahwa kambingnya sangat energik setelah memakan buah dari pohon tertentu.

Penggembala itu lantas menyampaikan temuannya kepada seorang kepala biara lalu membuat minuman dengan buah mirip beri.

Efek dari konsumsi itu membuatnya tetap waspada melalui doa malam yang panjang.

Pengetahuan buah mirip beri ini kemudian menyebar ke biarawan lain dan seterusnya. Hingga akhirnya dikenal sebagai minuman bernama kopi.

2. Pernah dilarang

Pada 1511, tradisi minum kopi pernah dilarang di Mekah, Arab Saudi. Pelarangan ini terjadi karena gubernur setempat berpikir bahwa kumpul-kumpul minum kopi ini hanya menjadi kedok berkumpul dan bertukar pikiran tentang bagaimana cara untuk menggulingkannya.

Pada 1524, larangan ini dibatalkan dan orang bisa minum lagi. Saat itu legenda mengatakan bahwa seorang pendeta Italia mencoba membuat kopi jadi benda ilegal karena berpikir efek sampingnya adalah kesetanan.

Namun Paus Klemens VIII menyukai kopi dan dia menyatakan bahwa kopi tak boleh dilarang.

Pelarangan sekali lagi terjadi di kekaisaran Ottoman. Pada 1633 Sultan Murad IV menyatakan bahwa minum kopi di depan umum bisa membuat orang dihukum mati.

3. Asal-usul kata espresso

Ilustrasi Minum Kopi HitamKopi espresso. (epicantus/Pixabay)

Nama espresso berasal pada caranya dibuat yang diambil dari bahasa Italia berarti 'press out' atau ditekan.

4. Bisa buat overdosis

Konsumsi kopi berlebih dapat membuat overdosis. Namun jangan khawatir, menurut Vox, overdosis karena kopi terjadi karena minum sekitar 30 cangkir dalam waktu yang sangat singkat.

FDA menyarankan untuk minum 400 miligram kafein per hari untuk batas aman. Ini setara dengan maksimal 4 cangkir kopi seduhan per 8 ons cairan.

Simak fakta kopi lainnya yang jarang diketahui di halaman berikut.

Peminum kopi cenderung panjang umur

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK