HARI KOPI INTERNASIONAL

5 Mitos Minum Kopi untuk Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/10/2021 15:44 WIB
Mitos minum kopi banyak beredar di masyarakat. Berikut fakta di balik mitos minum kopi untuk kesehatan. Mitos minum kopi banyak beredar di masyarakat. Berikut fakta di balik mitos minum kopi untuk kesehatan.(Foto: Karolina/KaboomPics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selamat Hari Kopi Internasional yang dirayakan setiap 1 Oktober. Kopi merupakan salah satu minuman yang populer di dunia termasuk Indonesia. Meski populer, mitos minum kopi tetap banyak beredar di masyarakat.

Kopi banyak dikaitkan dapat mengganggu kesehatan. Bagaimana fakta sebenarnya di balik mitos minum kopi untuk kesehatan?

Berikut mitos dan fakta minum kopi untuk kesehatan:


1. Kopi bikin sulit tidur

Kopi bikin sulit tidur tidak sepenuhnya benar. Minum kopi di pagi hari tidak memengaruhi tidur di malam hari. Namun, minum kopi kurang dari enak jam sebelum tidur dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh karena kandungan kafein.

Studi menunjukkan kafein dapat bereaksi 4-6 jam setelah meminumnya.

Lihat Juga :

2. Kopi meningkatkan risiko penyakit jantung hingga kanker

Kopi sering kali dikaitkan dapat membuat jantung berdebar sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, studi menunjukkan tidak terdapat hubungan antara minum kopi dengan penyakit jantung maupun kanker.

Namun, studi lain menemukan minum kopi saat panas dapat meningkatkan risiko kanker esofagus.

3. Kopi berbahaya untuk kehamilan

Kopi berbahaya untuk kehamilan hanya mitos belaka. Banyak penelitian menunjukkan tak ada hubungan antara jumlah kafein yang rendah dengan kesulitan hamil, keguguran, kelahiran prematur, dan cacat lahir.

Meski begitu, disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi berlebihan karena kandungan kafein yang berlebih dapat membahayakan.

4. Kopi untuk diet

Bisakah kopi digunakan untuk diet dan menurunkan berat badan?

Dikutip dari The Healthy, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat menunjukkan kopi bisa untuk menurunkan berat badan.

5. Kopi bikin dehidrasi

Banyak orang percaya meminum segelas kopi bisa membuat dehidrasi. Kafein dalam kopi memiliki sifat diuretik yang dapat membuat buang air lebih sering. Namun, belum terdapat bukti ilmiah yang menunjukkan kopi membuat dehidrasi.

Itulah mitos dan fakta minum kopi. Minum kopi dalam jumlah normal dan tidak berlebihan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Namun, hindari konsumsi kopi berlebihan karena kafein yang berlebih tidak baik untuk tubuh.

(tst/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK