HARI KOPI INTERNASIONAL

Tradisi Caffe Sospeso, Kopi Gratis untuk Orang Tak Mampu

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/10/2021 17:30 WIB
Italia punya tradisi berbagi kopi. Di kota Naples, berkembang tradisi caffe sospeso yakni berbagi kopi untuk orang tak mampu. Italia punya tradisi berbagi kopi. Di kota Naples, berkembang tradisi caffe sospeso yakni berbagi kopi untuk orang tak mampu.(Foto: snapwiresnaps/sam ciurdar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Italia punya tradisi berbagi kopi. Di kota Naples, berkembang tradisi caffe sospeso atau kopi gantung. Caffe sospeso merupakan tradisi berbagi kopi untuk orang yang tidak mampu.

Pecinta kopi di Naples akan membeli satu gelas kopi untuk diminum, tapi membayar untuk dua gelas sekaligus. Segelas kopi lainnya akan diberikan untuk orang yang tidak mampu yang datang ke kafe tersebut.

Tradisi berbagi kopi itu berangkat dari kemurahan hati dan solidaritas masyarakat Naples. Budaya Neapolitan ini sudah ada sejak 1800-an dan terus berkembang hingga Perang Dunia II.


Lihat Juga :
HARI KOPI INTERNASIONAL
5 Mitos Minum Kopi untuk Kesehatan

Dikutip dari Italy Magazine, tradisi caffe sospeso jadi simbol solidaritas saat kafe-kafe banyak dikunjungi pekerja di masa resesi global 2008 lalu.

Terdapat pula hari khusus untuk merayakan Caffe Sospeso Day yakni pada 10 Desember, bertepatan dengan Hari Hak Asasi Manusia.

Tradisi ini terus berlangsung hingga saat ini, bahkan merambah ke bidang lain. Misalnya, saat pandemi Covid-19 muncul gerakan test sospeso dan vaccino sospeso.

Pada Oktober tahun lalu, warga Naples membayar tes swab Covid-19 untuk dua orang sekaligus. Dari 1.000 orang yang dites, 300 diantaranya mendapatkan tes gratis karena kemurahan hati warga lain.

"Kami orang Neapolitan memiliki hati yang besar, di saat baik dan buruk kami berbagi segalanya," kata penduduk setempat, Giuseppina Puglise, dikutip dari AFP.

(ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK