Ciri-ciri Handuk yang Harus Dicuci

tim | CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 19:15 WIB
Coba perhatikan handuk Anda dan kenali ciri-ciri handuk yang harus dicuci. Handuk yang sudah lama tidak dicuci mengandung banyak kuman. Coba perhatikan handuk Anda dan kenali ciri-ciri handuk yang harus dicuci. Handuk yang sudah lama tidak dicuci mengandung banyak kuman.(Foto: Life-Of-Pix/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah berapa lama Anda memakai handuk yang sama untuk mengeringkan badan setelah mandi? Coba perhatikan kembali handuk Anda dan kenali ciri-ciri handuk yang sudah harus dicuci.

Handuk yang sudah lama tidak dicuci mengandung banyak kuman dan bakteri yang dapat merusak dan menyebabkan penyakit kulit.

Handuk yang basah dan lembap merupakan tempat yang disukai bakteri untuk berkembang biak. Menjemur handuk hingga kering tidak membuat handuk bisa dikatakan bersih.


Berikut ciri-ciri handuk yang sudah harus dicuci:

1. Mulai berbau

Handuk yang sudah mulai berbau harus segera dicuci. Bau merupakan tanda pertumbuhan jamur dan bakteri. Paparan jamur dan bakteri dapat meningkatkan risiko penyakit kulit seperti kudis, kurap, dan jerawat.

2. Sudah digunakan seminggu

Ingat kembali kapan Anda mulai memakai handuk. Ahli mikrobiologi medis University of Westminster, Manal Mohammed menyarankan untuk mencuci handuk setidaknya seminggu sekali.

Menggunakan handuk lebih dari seminggu meningkatkan risiko jamur dan bakteri berkembang biak.

3. Tetap lembap setelah dikeringkan

Handuk yang tetap lembap setelah dikeringkan juga harus segera dicuci. Kondisi yang lembap membuat mikroba semakin mudah berkembang biak.

"Meskipun sebagian besar kuman ini seringkali tidak berbahaya, beberapa di antaranya (termasuk bakteri Staphylococcus) dapat menyebabkan infeksi dan masalah kesehatan, terutama pada orang dengan luka kulit dan orang dengan gangguan kekebalan," kata Mohammed, dikutip dari CNN.

Itulah ciri-ciri handuk yang sudah harus segera dicuci.

(ptj/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER