Resep Mudah Permen Dalgona Squid Game, Anti Gosong

tim, CNN Indonesia | Rabu, 06/10/2021 10:35 WIB
Popularitas Squid Game tidak hanya menyoroti cerita dan para bintangnya, tapi juga permen dalgona. Berikut resep mudah membuat permen dalgona Squid Game. Popularitas Squid Game tidak hanya menyoroti cerita dan para bintangnya, tapi juga permen dalgona. Berikut resep mudah membuat permen dalgona Squid Game. (REUTERS/Heo Ran)
Jakarta, CNN Indonesia --

Popularitas serial Korea Selatan Squid Game tidak hanya menyoroti cerita dan para bintang yang terlibat, tapi juga permen gulali atau dalgona. Berikut resep mudah membuat permen dalgona Squid Game.

Permen dalgona ini muncul sebagai salah satu tantangan permainan di serial tersebut, di mana para pemain harus memecahkan permen itu dan bentuk tertentu seperti bintang, segitiga, dan lingkaran di bagian tengahnya tetap utuh dan tidak rusak.

Jika gagal, mereka akan tereliminasi dan gugur dari permainan yang merebutkan uang tunai 45,6 miliar won.


Selama beberapa waktu, permen dalgona ini lantas menjadi tren tersendiri. Beberapa pengguna sosial media bahkan mengikuti tantangan membuat permen dalgona.

Permen ini sendiri sangat populer di kalangan anak-anak Korea. Selain disebut permen dalgona, camilan manis itu juga dikenal sebagai honeycomb toffee atau permen sarang lebah.

Permen ini memiliki bentuk berbeda yang diukir di atasnya menggunakan pemotong kue. Dalam budaya Korea, anak-anak sering ditantang untuk memotong bentuk permen tanpa memecahkan cangkangnya menggunakan jarum. Jika salah satu berhasil, maka pedagang kaki lima memberikan permen kedua sebagai hadiah.

Budaya itu yang kemudian diadaptasi serial Squid Game, serial bertahan hidup dengan mengikuti ragam permainan tradisional anak-anak Korea.

Jika Anda tertarik mengikuti tantangan tersebut, berikut resep mudah membuat permen dalgona Squid Game, seperti dikutip Food NDTV.

Bahan permen dalgona Squid Game

1,5 sdt gula pasir
Sejumput baking soda (1/16 sdt)

Cara membuat permen dalgona Squid Game

1. Tambahkan gula ke dalam sendok sayur yang terbuat dari stainless steel dan panaskan di atas api sedang hingga rendah.

2. Aduk hingga meleleh secara merata, dengan warna kuning pucat

3. Tambahkan sejumput baking soda ke dalam gula yang sudah meleleh dan aduk sampai benar-benar tercampur. Segera angkat dari api jika warna mulai agak kecokelatan, demi menghindari gosong dan pahit.

4. Tuang lelehan gula dan baking soda tersebut di atas kertas roti. Gunakan alat penekan untuk meratakan dengan lembut sehingga memiliki permukaan rata.

5. Gunakan cetakan pemotong dengan bentuk yang Anda sukai, dapat segitiga, lingkaran, bintang, atau payung. Lalu tekan perlahan di bagian tengah permen dalgona.

Biarkan permen dalgona Squid Game dingin dan nikmatilah!



(agn/agn)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK