Faktor-faktor Penyebab Pria Tidak Subur

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 15 Oct 2021 19:41 WIB
Faktor penyebab pria tidak subur meliputi sejumlah aspek baik dari sisi biologis, lingkungan hingga pilihan gaya hidup. Ilustrasi. Faktor penyebab pria tidak subur meliputi sejumlah aspek baik dari sisi biologis, lingkungan hingga pilihan gaya hidup. (iStockphoto/peakSTOCK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Faktor penyebab pria tidak subur meliputi sejumlah aspek baik dari sisi biologis, lingkungan hingga pilihan gaya hidup. Masing-masing komponen tersebut dapat mempengaruhi kesuburan atau fertilitas.

Sebab, tingkat kesuburan pada pria adalah sebuah proses yang kompleks, hingga kemudian membuahkan kehamilan. Pelbagai tahapan itu mulai dari pria harus menghasilkan sperma yang sehat, jumlah yang cukup hingga sperma yang berfungsi baik dan mampu bergerak (motilitas).

Salah satu faktor yang mempengaruhi masalah kesuburan pria disumbang oleh sejumlah problem kesehatan atau perawatan medis. Berikut penyebab pria tidak subur dikelompokkan berdasarkan aspek kesehatan, lingkungan dan, pilihan gaya hidup.


7 Penyebab Pria Tidak Subur dari Aspek Kesehatan

1. Varikokel

Varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah pada testis sehingga menyebabkan area ini menjadi terlalu panas dan dapat mempengaruhi bentuk atau jumlah sperma. Kondisi ini merupakan penyebab paling umum infertilitas atau ketidaksuburan pada pria.

Varikokel, menurut laman Mayo Clinic, berpotensi mengakibatkan penurunan kuantitas dan kualitas sperma.

2. Infeksi

ilustrasi kesehatan priaIlustrasi. Ada banyak penyebab pria tidak subur, mulai dari faktor biologis, lingkungan, hingga gaya hidup. (iStockphoto/dragana991)

Beberapa infeksi dapat mengganggu produksi dan kesehatan sperma atau berpotensi menimbulkan jaringan parut yang menghalangi jalannya sperma. Sejumlah masalah di antaranya termasuk radang epididymis (epididymitis), gonore, hingga HIV.

3. Masalah ejakulasi

Ejakulasi retrograde terjadi ketika air mani memasuki kandung kemih, selama orgasme, bukan keluar dari ujung penis.

Beberapa kondisi kesehatan yang berpotensi menyebabkan ejakulasi retrograde di antaranya diabetes, cedera tulang belakang, konsumsi obat-obatan tertentu, operasi kandung kemih, prostat atau uretra.

4. Antibodi menyerang sperma

Antibodi anti-sperma adalah sel sistem kekebalan yang keliru mengidentifikasi sperma sebagai penyerbu berbahaya, sehingga berusaha menghilangkannya.

5. Perawatan kanker

Dalam beberapa kasus, pembedahan, radiasi atau kemoterapi untuk mengobati tumor maupun kanker dapat memengaruhi kesuburan pria.

Kanker ataupun tumor yang tak ganas dapat mempengaruhi organ reproduksi pria secara langsung melalui kelenjar yang melepaskan hormon terkait reproduksi.

6. Gangguan hormonal

Elderly man sadly bowed head, feeling lonely and depressed, old age crisisIlustrasi. Salah satu penyebab pria tidak subur dari sisi kesehatan adalah adanya gangguan hormonal. (iStockphoto/tommaso79)

Infertilitas dapat terjadi akibat kelainan pada testis itu sendiri maupun kelainan yang memengaruhi sistem hormonal. Beberapa di antaranya termasuk kelenjar hipotalamus atau kelenjar pituitari, hipofisis, tiroid dan adrenal.

Testosteron rendah dan masalah hormonal lain bisa jadi kemungkinan penyebab pria tidak subur.

7. Sperma cacat

Sperma yang tidak bisa hidup cukup lama untuk membuahi sel telur. Sejumlah kondisi medis di antaranya termasuk diabetes, beberapa jenis gangguan autoimun, cystic fibrosis dan, infeksi tertentu.

Simak penyebab pria tidak subur lainnya di halaman berikutnya...

Faktor-faktor Penyebab Pria Tidak Subur

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER