11 Makanan Kesehatan untuk Pria, Bantu Jaga Kesuburan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 07/10/2021 18:53 WIB
Ada beberapa makanan kesehatan untuk pria yang memberikan banyak manfaat, mulai dari membangun otot hingga menjaga tingkat kesuburan. Ilustrasi. Ada beberapa makanan kesehatan untuk pria yang memberikan banyak manfaat, mulai dari membangun otot hingga menjaga tingkat kesuburan. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak peduli jenis kelamin, siapa pun menginginkan tubuh yang sehat.

Banyak hal yang bisa mendukung kesehatan pria, termasuk di antaranya makanan. Apa saja makanan kesehatan untuk pria?

Kesehatan pria dilihat oleh beberapa faktor, mulai dari kesehatan otot hingga kesehatan sistem reproduksi.


Pada dasarnya, makanan akan selalu memengaruhi tubuh dengan berbagai cara, termasuk di antaranya menjaga kesehatan.

Untuk itu, pria juga tampaknya perlu mengonsumsi beberapa makanan tertentu agar tetap sehat. Berikut daftarnya, mengutip berbagai sumber.

1. Daging merah tanpa lemak

Daging merah tanpa lemak baik untuk kesehatan pria. Daging ini dikemas dengan banyak protein yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Selain itu, mengutip WebMD, daging merah juga merupakan sumber leusin yang baik. Leusin merupakan asam amino yang membantu membangun otot.

2. Cokelat

Assortment of fine chocolate candies, white, dark, and milk chocolate Sweets background Copy space Top viewIlustrasi. Asal dimakan dengan cara yang tepat, cokelat bisa menjadi salah satu makanan kesehatan untuk pria. (Istockphoto/AnnaPustynnikova)

Membantu memperlancar aliran darah, cokelat juga menjadi salah satu makanan kesehatan untuk pria. Flavanol dalam dark chocolate dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah, hingga menjaga tekanan darah.

Pria dengan sirkulasi darah yang buruk lebih berisiko mengalami masalah disfungsi ereksi, yang akan berpengaruh terhadap kehidupan seksualnya.

3. Kerang

Kerang kaya akan zinc. Kadar zinc di bawah normal bisa menurunkan kualitas sperma dan meningkatkan risiko infertilitas.

Tak suka makan laut? Anda bisa mencari sumber zinc lain seperti daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Tomat

Tomat kaya akan likopen, zat yang dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi tomat lebih kecil kemungkinan terkena kanker prostat.

5. Ikan salmon

Salmon kaya akan vitamin D. Mengutip Everyday Health, kekurangan vitamin D bisa menyebabkan disfungsi ereksi.

Mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dapat membantu menekan risiko disfungsi ereksi. Vitamin D bekerja dengan membantu mengurangi kerusakan pembuluh darah yang menjadi penyebab disfungsi ereksi.

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

ilustrasi kesehatan priaIlustrasi. Ada juga beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan pria. (iStockphoto/dragana991)

Tak hanya kesehatan secara menyeluruh, secara spesifik pria juga perlu memperhatikan kesehatan seksualnya. Diet atau pola makan menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan seksual.

Perlu diketahui, kesehatan seksual pria akan dipengaruhi oleh aliran darah. Aliran darah yang baik dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Mengutip Healthline, berikut beberapa makanan untuk meningkatkan kesuburan pria.

6. Bayam

Bayam kaya akan folat, yang dikenal dapat memperkuat aliran darah.

Asam folat memainkan peran penting dalam fungsi seksual pria. Kadar asam folat dalam darah yang rendah berisiko memicu disfungsi ereksi.

Selain itu, bayam juga mengandung banyak magnesium, yang dapat membantu merangsang aliran darah dan meningkatkan kadar testosteron.

Simak makanan kesehatan untuk pria lainnya di halaman berikutnya...

11 Makanan Kesehatan untuk Pria, Bantu Jaga Kesuburan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK