Ternyata 80 Persen Wanita Masih Salah Pilih Bra

tim | CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 12:49 WIB
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ternyata 80 persen perempuan ternyata salah memilih jenis dan ukuran bra, atau 4 dari 5 wanita pilih ukuran bra yang salah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ternyata 80 persen perempuan ternyata salah memilih jenis dan ukuran bra, atau 4 dari 5 wanita pilih ukuran bra yang salah.( iStockphoto/Anetlanda)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siapa bilang pilih bra itu gampang. Memang sih, tak ada yang melihatnya karena tertutup lapisan baju lainnya. Namun yang harus dipahami adalah fungsi bra atau BH lebih dari itu.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ternyata 80 persen perempuan ternyata salah memilih jenis dan ukuran bra, atau 4 dari 5 wanita pilih ukuran bra yang salah.

"Ukuran payudara itu berubah-ubah. Cup nya berubah, lingkarnya berubah, apalagi kalau lagi menstruasi, melahirkan, menyusui itu pasti berubah," ungkap dokter Nadia Alaydrus dalam youtube Uniqlo Bra Talks.


"Ketika menstruasi, biasanya ukuran membesar karena hormon. Sedangkan kalau menyusui pasti membesar karena ada susunya. Selain itu, perubahan berat badan juga berpengaruh karena itu kan jaringan lemak."

Apa dampaknya? Salah pilih jenis dan ukuran bisa berakibat pada penampilan dan juga kesehatan tubuh, misalnya payudara seperti terasa sesak dan tidak nyaman, iritasi pada kulit dan luka akibat kawat, bahkan sesak napas. Memilih bra yang tepat juga akan menjaga kesehatan payudara agar terhindar dari kanker payudara.

Ukuran yang tidak pas juga bisa membuat berbagai masalah lain seperti sakit punggung akibat bra yang kebesaran sehingga tidak menopang dengan baik.

Sebaliknya, hasil penelitian Michael Schachter, MD of the Schachter Center for Complementary Medicine mengatakan ukuran bra yang terlalu kecil akan menyebabkan tekanan aliran di saluran kelenjar getah bening dari payudara ke ketiak.

Hal ini juga diakui oleh aktris Nikita Willy dan Wanda Hamidah. Dalam kesempatan yang sama, mereka mengungkapkan bahwa faktor salah pilih ukuran bra ini juga terkadang disengaja.

"Ada yang ingin agar payudaranya terlihat lebih besar sehingga pilih ukuran branya yang lebih kecil. Atau sebaliknya," kata Wanda.

Nikita Willy mengungkapkan bahwa saat remaja dulu dia mengaku pernah melakukan hal tersebut.

"Dulu saya pengin keliatan besar jadi pilih bra yang ukuran kecil. Tapi sekarang udah enggak. Dan sekarang saya lebih suka yang fit tanpa kawat."

Lalu bagaimana cara pilih bra yang tepat? Nadia mengungkapkan pada intinya, memilih bra harus yang sesuai dengan ukuran sehingga bisa menopang payudara dengan baik, bebas iritasi dan alergi, elastis, dan terbuat dari bahan berkualitas.

"Menjaga kesehatan payudara dimulai dari memilih bra yang tepat," kata Wanda.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER