Cara Merebus Telur yang Benar

CNN Indonesia
Rabu, 20 Oct 2021 10:20 WIB
Sebagai menu sarapan, telur rebus dianggap lebih sehat daripada telur goreng. Bagaimana cara merebus telur yang benar? Ilustrasi. Cara merebus telur yang benar akan menghasilkan telur rebus dengan tekstur yang sempurna. (iStockphoto/orinoco-art)
Jakarta, CNN Indonesia --

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dijadikan sebagai menu sarapan. Telur rebus dianggap lebih sehat dan nikmat ketimbang telur goreng sebagai menu sarapan.

Sebagai menu diet sehat, banyak orang mencampur menu telur rebus dengan salad, roti gandum, dan oatmeal. Akan tetapi, banyak orang yang belum tahu cara merebus telur yang benar sehingga banyak yang dimasak terlalu matang.

Jika dimakan, telur yang terlalu matang bisa terasa tak nyaman di tenggorokan. Kuning telur pun jadi lebih mudah hancur.


Berbeda dengan telur yang direbus dengan durasi tepat. Telur akan memiliki tekstur yang lebih kenyal, gurih, dan nyaman di tenggorokan.

Cara Merebus Telur yang Benar

Merebus dengan cara yang benar dapat membuat telur akan terasa lebih nikmat saat disantap sebagai menu sarapan. Sajikan bersama salad atau potongan roti gandum yang sehat.

Berikut cara tepat merebus telur yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perhatikan suhu air

Water bubbles and boils on a gas stove or range in a home kitchen.  Blue flame and stainless steel pot.Ilustrasi. Suhu air yang tepat menjadi kunci dari cara merebus telur yang benar. (iStockphoto/RyersonClark)

Tingkat panas air turut memengaruhi kemudahan mengupas telur. Pasalnya, merebus telur dalam kondisi air yang belum panas, akan membuat telur lebih susah dikupas.

Mengutip laman Serious Eats, hal ini disebabkan dari suhu panas air yang naik melambat dan membuat putih telur menempel ke kulit telur. Sebaliknya, merebus telur dengan kondisi air sudah mendidih tidak akan membuat putih telur menempel ke kulit sehingga telur lebih mudah untuk dikupas.

2. Pilihan telur yang tepat

Anda bebas menggunakan telur ayam organik, ayam negeri, ayam kampung, dan omega 3 untuk direbus dan dikonsumsi. Akan tetapi, dari keempat telur tersebut, telur ayam kampung mempunyai ukuran lebih kecil serta memiliki lapisan kulit yang lebih tipis sehingga lebih cepat matang saat direbus.

3. Cara merebus telur yang benar

Untuk melakukan cara merebus telur yang benar, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

- Isi panci dengan ketinggian air hampir menyentuh bibir panci atau cukup untuk merendam telur.
- Nyalakan kompor dan tuang garam secubit ke dalam panci berisi air. Tujuan air diberi garam untuk meningkatkan temperatur air agar suhunya tinggi dan stabil.
- Tutup panci hingga air mendidih.
- Setelah mendidih masukkan telur ke dalam panci.
- Pasang timer di ponsel dan atur waktu ke 7 menit.
- Selagi menunggu, ambil mangkuk, isi air dengan es batu.
- Setelah 7 menit, angkat telur dan dinginkan di mangkuk berisi es batu.
- Setelah beberapa saat ketuk kulit telur dan kupas.
- Potong bagi dua telur dan telur rebus siap disajikan.

Sebagai catatan, Anda bebas memasak telur dengan tingkat kematangan tertentu. Semakin lama merebus, maka kuning telur akan semakin matang. Merebus telur di bawah empat menit, umumnya kondisi kuning telur masih cair namun putih telur sudah matang.

Perbedaan 1 menit dalam merebus telur mampu memberikan tingkat kematangan yang berbeda. Merebus telur selama 8 menit memberikan tekstur kuning telur yang padat namun lembut. Sesuaikan dengan selera Anda.

Manfaat Makan Telur Rebus

Ilustrasi merebus telurIlustrasi. Cara merebus telur yang benar akan memberikan manfaat kesehatan yang maksimal. Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Sebagai makanan sehat, telur memiliki segudang manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat mengonsumsi telur untuk kesehatan, dilansir dari Healthline.

1. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Telur mencukupi hampir semua kebutuhan nutrisi penting tubuh. Telur omega-3 diklaim memiliki kadar lemak sehat lebih tinggi serta mengandung vitamin A dan E lebih tinggi ketimbang telur biasa.

2. Meningkatkan kolesterol baik

Kandungan HDL atau kolesterol baik yang tinggi di dalam tubuh sering dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit seperti jantung, stroke, dan masalah kesehatan lain. Telur merupakan makanan yang baik dalam meningkatkan HDL.

3. Mengandung kolin

Kolin bisa jadi merupakan nutrisi yang jarang orang ketahui atau dengar. Nutrisi ini merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan tubuh dan sering dikelompokkan dengan vitamin B lain.

Kolin berperan penting dalam pemeliharaan, perkembangan sel, dan kinerja otak.

4. Membantu menurunkan berat badan

Telur mengandung protein tinggi yang membuat perut kenyang lebih lama serta membantu mengurangi asupan kalori setelah mengonsumsinya. Makan telur secara teratur dalam batas wajar diyakini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Itu-lah cara merebus telur yang benar dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga membantu.

(imb/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER