8 Fakta Unik Lesung Pipi 'Dimple' yang Wajib Kamu Tahu

tim | CNN Indonesia
Rabu, 20 Oct 2021 20:00 WIB
Lesung pipi seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a memang sering dianggap sebagai pemanis. Tapi ada fakta yang harus diketahui soal lesung pipi Lesung pipi seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a memang sering dianggap sebagai pemanis. Tapi ada fakta yang harus diketahui soal lesung pipi (Arsip Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hometown Cha Cha Cha memang sudah berakhir dengan rencana Hong Banjang dengan dokter gigi Hye-jin yang berencana akan menikah. Namun satu euforianya masih jadi sukai banyak orang. Bahkan ada juga yang mengungkapkan betapa cocoknya pasangan yang sama-sama punya lesung pipi atau dimple ini. Bahkan mereka juga dijuluki sebagai dimple couple.

Bicara soal lesung pipi atau dimple seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a memang sering dianggap sebagai pemanis. Senyum orang berlesung pipi sering dibilang lebih manis dan menggemaskan. Sejak beberapa tahun lalu, keinginan orang untuk punya lesung pipi membuat mereka rela melakukan operasi plastik.

Pada 2017 lalu tren operasi plastik mulai berubah ke arah 'melubangi' wajah untuk menciptakan lesung pipi yang disebut dimpleplasty.


"Alasan tidak semua orang punya lesung pipi adalah karena adanya hubungan kuat antara otot wajah dengan kulit. Orang yang tidak punya lesung pipi tidak memiliki anatomi tersebut," kata dokter bedah plastik asal New York, Darren Smith seperti dikutip dari Allure.

"Saat otot di bawah kulit bergerak, ia menarik kulit dan menciptakan lesung pipi. Bayangkan Anda menarik bagian tengah serbet yang keempat sudutnya tertahan."

Dikutip dari The Independent, demi mendapatkan tampilan menggemaskan, jumlah kaum milenial yang membuat lesung pipi buatan melalui dimpleplasty pun makin meningkat.

Dokter bedah plastik asal Atlanta, Wright Jones menuturkan permintaan dimpleplasty meningkat tiga kali lipat dalam beberapa tahun belakangan.

Berikut ada sederet fakta soal lesung pipi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Simak yang berikut:

1. Populasi manusia berlesung pipi

Mengutip healthline, prevalensi manusia berlesung pipi bisa bervariasi menurut populasi. Satu penelitian terhadap lebih dari 2.300 orang menemukan bahwa sekitar 37 persen peserta punya lesung pipi.

2. Lesung pipi = cacat

Lesung pipi seperti yang dimiliki Kim Seon-ho dan Shin Min-a dan orang-orang lainnya ternyata adalah sebuah kelainan atau cacat otot.

Lesung pipi terkadang disebabkan oleh perubahan pada otot wajah yang disebut zygomaticus mayor. Otot ini terlibat dalam ekspresi wajah. Pada orang tanpa lesung pipi, otot zygomaticus mayor biasanya dimulai pada tulang di pipi Anda yang disebut tulang zygomatic. Kemudian mengalir ke bawah, menghubungkan ke sudut mulut Anda.

Karena lesung pipi dapat terjadi akibat variasi otot yang terjadi selama perkembangan janin, lesung pipi terkadang salah disebut sebagai cacat lahir. Meski demikian, lesung pipi juga tak memiliki efek kesehatan yang negatif.

Fakta soal lesung pipi yang harus kamu ketahui masih berlanjut di halaman selanjutnya...

Genetik atau Buatan?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER