Kronologi Miss World Malaysia Klaim Batik hingga Minta Maaf

tim | CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 08:51 WIB
Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji menjadi perbincangan karena mengklaim batik sebagai berasal dari Malaysia. Berikut kronologi dan permintaan maafnya. Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji menjadi perbincangan karena mengklaim batik sebagai berasal dari Malaysia. Berikut kronologi dan permintaan maafnya. (Tangkapan layar instagram @lavanyasivaji)
Jakarta, CNN Indonesia --

Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji baru-baru ini ramai menjadi perbincangan karena mengklaim batik sebagai berasal dari Malaysia.

Tak ayal, klaim tersebut lantas menuai ragam reaksi termasuk netizen Indonesia yang langsung membanjiri kolom komentar akun Instagram Sivaji.

Berikut kronologi dan permintaan maaf Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji yang mengklaim batik dari Malaysia.


Beberapa hari lalu, Sivaji membagikan potretnya mengenakan gaun batik untuk malam final Miss World Malaysia 2021 Minggu (17.

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Lavanya Sivaji pada keterangan unggahan di Instagram.

Unggahan itu dia bagikan sekitar empat hari lalu, atau pada Minggu (17/10). Namun, setelah Sivaji dinobatkan sebagai Miss World Malaysia 2021, unggahan tersebut langsung dibanjiri protes dari netizen.

Beberapa netizen menegaskan bahwa batik merupakan buatan dan budaya asli Indonesia.

"Seorang Miss itu harus pintar agar bisa merepresentasikan negaranya dengan baik, maka dia harus tau sejarah dan budaya negaranya, bukan milik negara lain. Belajar lagi yok biar pintar," tulis seorang netizen.

"Batik itu buatan Indonesia," tambah lainnya.

Sivaji lantas mengubah keterangan tersebut dan menyampaikan permintaan maaf lewat sebuah unggahan baru pada Kamis (21/10) dini hari.

"Saya sangat bersyukur telah diajarkan untuk menghargai keragaman budaya dan saya ingin berterima kasih kepada desainer saya untuk gaun indah ini untuk malam terakhir saya. Saya bangga mewakili negara saya dan saya siap untuk perjalanan yang benar-benar baru," tulisnya pada keterangan baru.

[Gambas:Instagram]



Simak permintaan maaf Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji setelah mengklaim batik dari Malaysia di halaman berikut.

Permintaan Maaf Miss World Malaysia 2021 soal Batik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER