San Juan de Salvamento, Mercusuar Terpencil di Ujung Dunia

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 22:01 WIB
San Juan de Salvamento adalah nama mercusuar tertua di Argentina yang terletak di ujung pulau yang terletak di wilayah Patagonia. Ilustrasi. San Juan de Salvamento adalah nama mercusuar tertua di Argentina yang terletak di ujung pulau yang terletak di wilayah Patagonia. (Pixabay/White77).
Jakarta, CNN Indonesia --

San Juan de Salvamento adalah nama mercusuar yang terletak di ujung pulau yang terletak di wilayah Patagonia, Argentina. Ini adalah mercusuar tertua di Argentina dan merupakan bangunan mercusuar pertama di perairan selatan negara itu.

Julukan 'Mercusuar di Ujung Dunia' disematkannya setelah Jules Verne menulis sebuah novel dengan tema bertahan hidup di kala kondisi ekstrem, yang menggunakan mercusuar ini sebagai latar belakang, dikutip dari Amusing Planet.

Mercusuar yang terpencil ini menginspirasi Verne untuk menulis novelnya pada 1901. Novel tersebut baru diterbitkan empat tahun setelah Verne meninggal dunia.


Mercusuar San Juan de Salvamento dikabarkan berdiri sejak 1884 di tanjung berbatu Cape San Juan.

Kala itu, Divisi Ekspedisi Atlantik Selatan di bawah pimpinan Komodor Augusto Lasserre membangun sub-prefektur maritim, penjara, dan stasiun penyelamatan di pulau negara itu untuk membantu kapal yang tenggelam di Tanjung Tanduk.

Komodor Lasserre menambahkan kata 'de Salvamento' yang berarti 'menyelamatkan' untuk mempertegas tujuan dibuatnya mercusuar.

Walaupun begitu, letak mercusuar yang tidak strategis membuat masih banyak kapal tenggelam di beberapa pulau yang terletak di dekatnya. Meskipun berketinggian 60 meter, cahaya yang dihasilkan mercusuar ini terlalu lemah dan gedungnya seringkali ditutupi kabut.

Akibat manfaatnya yang dinilai kurang, mercusuar San Juan de Salvamento ditinggalkan dan pemerintah Argentina membuat Mercusuar Tahun Baru pada 1901.

Sedihnya, mercusuar terpencil ini terus diabaikan hingga hampir satu abad. Namun, seorang navigator Prancis André Bronner yang memutuskan untuk membangun kembali mercusuar ini. Bronner terpesona akan kisah Jules Verne dan memutuskan mencari mercusuar tersembunyi tersebut.

Replika mercusuar San Juan de Salvamento selesai dibangun pada 1998. Cahaya mercusuar ini dinyalakan untuk pertama kalinya pada 26 Februari 1998.

Menurut Badan Kelautan Nasional dan Administrasi Atmosfer Amerika Serikat (NOAA), mercusuar digunakan untuk memperingatkan kapal akan perairan dangkal dan pantai berbatu yang berbahaya. Mercusuar juga membantu membantu kapal untuk pergi dan datang ke pelabuhan dengan aman.

(pwn/agt)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER