HARI PASTA SEDUNIA

Merayakan Nikmatnya Pasta di Seluruh Dunia

tim | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 16:45 WIB
Selamat Hari Pasta. Meskipun pasta adalah makanan khas Italia, namun makanan ini sudah menyebar sampai seluruh dunia. Selamat Hari Pasta. Meskipun pasta adalah makanan khas Italia, tapi makanan ini sudah menyebar sampai seluruh dunia.(FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selamat Hari Pasta. Meskipun pasta adalah makanan khas Italia, namun makanan ini sudah menyebar sampai seluruh dunia. Namun jangan salah, pasta bukan hanya spagheti atau fettucini saja, tapi ada banyak jenis pasta di dunia.

Maka tak heran, setiap 25 Oktober, sebagian masyarakat dunia akan merayakan Hari Pasta Sedunia.

Perayaan ini bisa jadi untuk mengenang betapa hebatnya makanan yang telah menemani manusia sejak 5000 SM. Meski demikian, dilansir dari National Day, Hari Pasta Sedunia ternyata baru mulai diperingati sejak 1995 lalu.


Saat ini, setidaknya ada 33 jenis pasta yang dikategorikan menjadi 5 kelompok, tapi pada perkembangannya pasta kemudian dikelompokkan menjadi makanan kering dan segar.

Sebagaimana dilansir First Post, pada 1980-an adonan pasta terbuat dari tepung terigu durum, yang membedakannya dengan mi biasa.

Menurut mitologi Yunani, Dewa Vulcan menemukan alat untuk membuat untaian adonan, yang kemudian dikenal sebagai Spaghetti. Pasta yang dimasak dapat dibekukan dan dimakan lagi dalam waktu 3 bulan

Sejarah hari pasta

Sejujurnya pasta tidak ditemukan oleh Chef Boyardee, seorang koki asal Italia yang telah memulai perusahaan di Pennsylvania lebih dari 80 tahun yang lalu. Kenyataannya, pasta telah dinikmati manusia sejak abad pertama Masehi. Sejarah lain menyebut, Marco Polo mengimpor pasta dari Cina pada tahun 1200-an.

Banyak cerita berbeda soal dari mana pasta sebenarnya berasal, bahkan seorang penulis makanan Inggris Jane Grigson percaya bahwa perusahaan spageti Kanada mungkin telah memulai kisah itu pada tahun 1920-an.

Kita tahu bahwa pasta kering melonjak popularitasnya selama abad ke-14 dan ke-15, terutama karena penyimpanannya yang mudah. Ini memungkinkan orang untuk membawa pasta di atas kapal saat menjelajahi Dunia Baru.

Hungaria memiliki pabrik pasta pada 1859, sementara Perusahaan Buitoni di Italia tengah mulai memproduksi pasta hanya delapan tahun kemudian.

Hari Pasta Sedunia sendiri baru dimulai pada 1995 ketika 40 produsen pasta dari seluruh dunia berkumpul untuk mengadakan Kongres Pasta Dunia yang pertama.

Sejak itu, masyarakat di seluruh dunia bergabung setiap bulan Oktober untuk memberikan penghormatan kepada salah satu makanan paling lezat dan serbaguna yang pernah ada.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER