6 Manfaat Mandi Air Hangat, Bukan Air Panas

tim | CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 08:48 WIB
Mandi dengan air hangat tak pernah terasa salah. Ada sejumlah manfaat mandi air hangat. Namun ingat, air hangat bukan air panas. Mandi dengan air hangat tak pernah terasa salah. Ada sejumlah manfaat mandi air hangat. Namun ingat, air hangat bukan air panas. (istockphoto/Shaf Bdn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mandi dengan air hangat tak pernah terasa salah. Ada sejumlah manfaat mandi air hangat. Namun ingat, air hangat bukan air panas.

Sekilas air panas memang enak untuk mengendurkan otot-otot yang tegang, membuat Anda merasa lebih baik jika Anda sakit, karena uap lembab mengendurkan dahak. Hanya saja, mandi air panas ternyata membawa sejumlah risiko pada kulit dan jantung. Oleh karenanya, mandilah dengan air hangat bukan air panas.

Apa manfaat mandi air hangat?


1. Air hangat tak melarutkan minyak alami kulit

Kulit Anda memiliki lapisan perlindungan alami yang terdiri dari minyak dan bakteri. Ini disebut mikrobioma kulit, dan penting untuk menjaganya tetap sehat dan terlindungi, meminimalkan risiko berjerawat dan masalah kulit lainnya. Air panas dan minyak itu tidak bercampur namun air panas meluruhkan minyak alami.

"Jika Anda memanaskan minyak di kulit, kemungkinan Anda mengemulsi, melarutkan, dan benar-benar membersihkannya. Minyak ini memainkan peran penting dalam melindungi wajah Anda dari serangan eksternal melalui penghalang kulit," kata dokter kulit Justine Hextall dari Harley Medical Group kepada Women's Health.

"Hasilnya adalah perlindungan yang lebih rendah dan risiko produksi minyak berlebih yang lebih tinggi, yang tidak baik untuk kulit."

2. Tak sebabkan radang

"Mandi air panas dan berendam bisa membuat kulit terbakar, menyebabkan kemerahan, gatal, dan bahkan mengelupas - mirip dengan sengatan matahari," kata University of Pittsburg Medical Center.

Sebaliknya, manfaat mandi air hangat tak akan membuat peradangan kulit atau kerusakan permanen pada kulit seperti air panas.

Manfaat mandi air hangat lainnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER