Isi Stroberi Sedikit, Kellogg's Digugat Pelanggan

tim | CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 21:15 WIB
Kellogg's Pop Tarts menghadapi tuntutan dari pelanggannya. Gugatan itu menyebut makanan tersebut 'menyamar' sebagai makanan sehat. Kellogg's Pop Tarts menghadapi tuntutan dari pelanggannya. Gugatan itu menyebut makanan tersebut 'menyamar' sebagai makanan sehat. (kelloggs)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak dimungkiri, banyak pembeli seringkali tertipu usai berekspektasi tinggi soal makanan dalam kemasan. Foto di bungkus makanan seringkali terlihat berbeda dari isinya.

Kali ini Kellogg's Pop Tarts menghadapi tuntutan dari pelanggannya. Gugatan itu menyebut makanan tersebut 'menyamar' sebagai makanan sehat.

Gugatan itu diajukan oleh seorang penduduk Illinois Anita Harris pada Agustus lalu. Dia mengungkapkan bahwa merek tersebut menyesatkan karena memberi kesan pada orang bahwa makanan tersebut mengandung banyak stroberi yang lebih besar daripada aslinya.


Gugatan tersebut juga berfokus pada manfaat kesehatan yang berasal dari stroberi, mengutip deskripsi dari WebMD yang menyatakan bahwa stroberi "melindungi jantung Anda, meningkatkan kolesterol HDL (baik), menurunkan tekanan darah dan menjaga dari kanker."

Gugatan tersebut menuntut kompensasi sebesar US$5 juta. Harris juga menuduh nama produk, "Frosted Strawberry Toaster Pastries," adalah "salah, menyesatkan, dan menipu" karena isian Pop-Tart mengandung "bahan buah non-strawberry dalam jumlah yang relatif signifikan termasuk pir dan apel. Namun dalam promonya, buah-buahan itu tidak dituliskan, melainkan hanya tertulis stroberi.

Penggugat mengutip Undang-Undang Praktik Bisnis Penipuan dan Penipuan Konsumen Illinois, yang menyatakan bahwa "representasi dan kelalaian yang salah dan menipu

"Kasus pelabelan produk makanan sedang hangat sekarang," kata Edgar Dworsky, pengacara konsumen dan pendiri dan editor Consumer World dikutip dari CNN.

"Berbagai tuntutan hukum baru-baru ini mengklaim bahwa tidak ada tuna asli dalam ikan tuna Subway, bahwa Honey Bunches of Oats hampir tidak mengandung madu, dan Morning Star Farms Veggie Hot Dogs hampir tidak memiliki sayuran."

"Beberapa hakim menemukan bahwa penjual telah salah mengartikan produk mereka, sementara yang lain mengatakan jika konsumen meluangkan waktu untuk membaca pernyataan bahan, mereka akan tahu persis apa yang mereka beli," kata Dworsky.

Kellogg's sendiri belum menanggapi pernyataan dari CNN International. 

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER