Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Tim | CNN Indonesia
Minggu, 14 Nov 2021 16:12 WIB
Meskipun tidak sakit, namun kantung mata biasanya disertai lingkaran hitam dapat mengganggu penampilan. Berikut penyebab kantung mata dan cara mengatasinya. Meskipun tidak sakit, namun kantung mata biasanya disertai lingkaran hitam dapat mengganggu penampilan. Berikut penyebab kantung mata dan cara mengatasinya. (Ilustrasi Foto: Istockphoto/dimarik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kantung mata bisa muncul dan dialami siapa saja dari berbagai rentang usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia.

Kondisi tersebut ditandai pada bagian bawah mata yang menebal akibat penumpukan cairan serta melemahnya jaringan sekitar, termasuk otot dan kelopak mata.

Dilansir Mayoclinic, penyebab kantung mata ini beragam dan masih bisa diatasi asalkan dengan metode yang tepat.


Penyebab Kantung Mata

Aging. Mature woman-young woman.Face with skin problemPenyebab kantung mata yang biasanya disertai lingkaran hitam (Ilustrasi Foto: Istockphoto/GMint)

Meskipun tidak terasa sakit, namun kantung mata yang kendur dan biasanya disertai lingkaran hitam dapat sangat mengganggu karena membuat wajah jadi terlihat lebih tua. Berikut beberapa penyebab umum munculnya kantung mata.

1. Retensi cairan

Retensi cairan dapat dipengaruhi oleh hormon atau setelah mengonsumsi makanan tinggi garam.

Hal itu menyebabkan adanya penumpukan cairan di sekitar mata (edema periorbital) sehingga membentuk kantung. Kondisi tersebut dapat terlihat ketika bangun tidur.

2. Kurang tidur

Kurang tidur dan kondisi Anda kelelahan juga berpotensi menimbulkan kantung mata serta terlihat sembab.

Saat tubuh kurang istirahat yang cukup, aliran darah tidak berjalan lancar ke sekitar mata. Akibatnya darah tersebut menumpuk di bawah mata.

3. Alergi

Penyebab kantung mata bisa dikarenakan alergi dan dermatitis, rhinitis, anemia, sehingga muncul iritasi, peradangan, gatal, kemerahan, bengkak, sampai mata berair.

Keadaan mata yang berkantung biasanya diikuti dengan muncul lingkar hitam khususnya di mata bagian bawah.

4. Merokok

Kebiasaan merokok, minum alkohol atau minuman dengan kafein tinggi jangan dianggap sepele karena berpengaruh pada kondisi mata jadi dehidrasi.

Ketika mata mengalami dehidrasi atau lelah, hal ini berdampak pada penglihatan yang sedikit kabur dan pembuluh darah sekitarnya melebar.

5. Genetik

Penyebab lain adanya kantung mata dan tidak dapat dihindarkan yaitu genetik atau keturunan.

Faktor genetik biasanya berupa pigmentasi sehingga bentuk tulang mata memengaruhi area sekitar penglihatan yang cenderung menebal serta terlihat gelap.

Cara Mengatasi Kantung Mata

ilustrasi skincareCara mengatasi kantung mata dengan mengaplikasikan produk mata hingga terapi laser jika diperlukan (Foto: iStockphoto/whyframestudio)

Kantung mata dapat diatasi secara mandiri apabila kondisinya tidak terlalu serius. Jika dibarengi kemerahan, gatal, perih, panas dan semakin parah, sebaiknya segera periksa ke dokter.

· Kompres

Kompres dengan air dingin atau es dapat mengurangi kantung mata yang bengkak akibat penyumbatan pembuluh darah.

Lakukan kompres mata selama 15 menit menggunakan handuk berbahan lembut. Pastikan posisi tidur benar-benar di atas bantal supaya mencegah bengkak.

· Produk perawatan mata

Cara lain mengurangi kantung mata bisa mengandalkan produk skincare khusus seperti eye cream atau eye serum.

Pemakaian eye cream ini sebaiknya untuk mencegah sebelum muncul kantung mata, atau kondisinya memang tidak terlalu serius.

· Blepharoplasty

Tindak operasi kelopak mata atau blepharoplasty mungkin saja diperlukan untuk kondisi tertentu.

Blepharoplasty termasuk prosedur bedah plastik yang tujuannya untuk merekonstruksi serta mengangkat jaringan lemak sekitar kelopak atas dan bawah mata. Dengan demikian, bentuk dan struktur kelopak mata akan kembali normal.

· Terapi laser

Selain memakai krim atau serum mata memang membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya.

Sesekali tidak ada salahnya melakukan terapi khusus dengan bantuan laser yang bisa meremajakan sekaligus memperbaiki tampilan kantung mata.

Dikarenakan penyebab kantung mata juga beragam, penting untuk menghindari segala aktivitas yang berpotensi merusak kesehatan mata.

Di antaranya menghindari membaca di ruang gelap atau terlalu lama menatap layar ponsel dan PC selama berjam-jam.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER