7 Tips AntiBaper Buat Cewek Saat PMS

tim | CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 12:44 WIB
Setiap orang tentu pernah mengalami baper, termasuk saat PMS. Bagaimana caranya agar tak mudah baper saat PMS? Setiap orang tentu pernah mengalami baper, termasuk saat PMS. Bagaimana caranya agar tak mudah baper saat PMS? (iStock/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Istilah baper bukan hal yang asing di telinga. Baper atau bawa perasaan adalah istilah yang kerap disematkan untuk orang yang mudah marah, cemburu, tersinggung atau berbagai emosi lainnya.

Setiap orang tentu pernah mengalami baper. Baik remaja atau dewasa. Psikolog Klinis, Tara De Thouars mengatakan, istilah baper juga lebih sering disematkan kepada wanita, terutama yang tengah mengalami pramenstruasi atau PMS. Bahkan saat ini terjadi, Anda sering sulit mengendalikannya, terutama bagi remaja.

"Karena kan udah enggak anak-anak, nah masuk remaja mengalami perubahan hormon yang besar. Mengalami menstruasi juga, dan perempuan kalau mau mens dan day one (hari pertama) lebih sensitif," kata Tara dalam acara Virtual Launch Hers Protex Cinnamoroll Daily Comfort, Kamis (2/12).


Perasaan baper ini kata Tara memang sangat mengganggu. Saat mengalaminya Anda cenderung lebih sensitif dan suka membesar-besarkan masalah. Hal sepele saja, dianggap bisa merusak hari Anda.

Meski demikian, menurut Tara tak seharusnya perasaan Baper ini merusak mood dan aktivitas Anda seharian.

Berikut tips anti baper saat PMS atau karena hal lain:

1. Berhenti membandingkan diri

Kata Tara Anda harus menyadari bahwa semua orang unik dan memiliki ciri khasnya sendiri. Apapun penampilannya, bentuk tubuhnya, warna kulitnya, atau cara bicaranya itu adalah ciri khas mereka.

"Berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain," kata dia.

2. Fokus pada kemampuan diri

Fokus pada tujuan dan keinginan serta kemampuan yang dimiliki. Entah orang lain menyukainya atau tidak, Anda harus berprinsip bahwa apapun yang dilakukan, selama itu sesuai dengan norma jangan pedulikan pandangan orang.

3. Semua orang punya kelebihan

Jangan pernah merasa tak memiliki kemampuan apapun. Meski Anda memiliki kekurangan jangan fokus pada kekurangan itu, galilah potensi yang ada di diri.

"Temukan dan manfaatkanlah potensi tersebut," katanya.

4. Bersosial media yang positif

Tidak ada salahnya memblokir orang-orang yang memberikan efek negatif atau perasaan buruk dalam diri Anda. Gunakan sosial media untuk bersenang-senang bukan untuk menambah masalah.

"Kalau mulai baper harus dibatasi, misal dengan atur waktu atau blocking komentar negatif yang bisa membuat baper," katanya.

5. Tetapkan pilihan

Jaga mood dengan sesuatu yang Anda sukai. Misal karena sedang mens emosi lebih meluap-luap. Carilah hal yang bisa membuat Anda senang.

6. Jangan impulsif

terkadang, orang memang bisa sangat menyebalkan. Misal saat PMS malah melontarkan komentar negatif yang membuat Anda semakin baper dan emosi. Jangan impulsif dengan marah atau balik melontarkan pernyataan tidak enak pada mereka.

"Tahan saja, karena emosi seperti ini justru bisa menghancurkan Anda," kata dia.

7. Menangis? Tak masalah

Anda mungkin merasa tidak tahan dan ingin menangis saat baper melanda. Tidak apa-apa, menangis saja karena dengan menangis kadang emosi yang meluap bisa tersalurkan.

"Silakan menangis, atau makan apapun yang Anda suka, selama itu bisa membuat mood kembali baik," kata dia.

(tst/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER