5 Tips Memilih Pembalut Agar Menstruasi Tak Bocor

tim | CNN Indonesia
Senin, 06 Des 2021 10:55 WIB
Jangan salah pilih pembalut saat sedang menstruasi. Berikut tips memilih pembalut agar menstruasi tak bocor. Jangan salah pilih pembalut saat sedang menstruasi. Berikut tips memilih pembalut agar menstruasi tak bocor.(Foto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Datang bulan atau menstruasi bisa jadi bencana bagi wanita jika tak mempersiapkannya dengan baik. Anda tentu tak ingin noda merah tiba-tiba muncul di bagian belakang celana hanya karena salah memilih pembalut dan menyebabkan kebocoran.

Brand Representative Hers Protex, Evelyn Elrica mengatakan, pemilihan pembalut sangat penting karena bisa memengaruhi suasana hati atau mood hingga aktivitas sehari-hari.

"Siapa memangnya yang mau bepergian dengan noda merah di celananya hanya karena salah pilih pembalut," kata Evelyn dalam acara Virtual Launch Hers Protex Cinnamoroll Daily Comfort, Kamis (2/12).


Evelyn menyebut tak ada aturan khusus pemilihan pembalut. Namun, terdapat dua hal yang harus diperhatikan yakni kenyamanan dan keamanan.

Nyaman berarti saat digunakan pembalut harus dalam posisi yang pas dan tidak membuat Anda merasa terganggu.

"Tidak mudah bergeser, tidak bikin bocor, jadi harus diperhatikan nyaman gak pake pembalut yang tipe a atau tipe b, choose is yours," kata Evelyn.

Untuk faktor keamanan menurut Evelyn, pembalut harus memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan. Jika tak memiliki izin edar bisa dipastikan keamananya belum bisa dipertanggungjawabkan.

"Usahakan ada izin dari Kemenkes agar ada kepastian kesehatan kewanitaan kita sudah dijamin oleh Kemenkes," kata Evelyn.

Berikut tips memilih pembalut agar menstruasi tak bocor:

1. Mengetahui jadwal periode

Sebelum menentukan akan menggunakan pembalut seperti apa, hal yang harus dipikirkan pertama kali adalah kapan menstruasi datang. Mengetahui siklus bulanan sangat penting, karena berkaitan dengan aliran, durasi hingga gejala yang kerap dirasakan.

2. Daya serap tinggi

Pembalut harus memiliki kemampuan menyerap yang baik. Apalagi di masa awal menstruasi saat aliran darah akan sangat banyak.

Anda bisa memilih bantalan yang panjang dan lebar, dan memiliki wewangian agar menghindari bau tidak sedap dari aliran menstruasi Anda.

3. Tentukan panjang pembalut

Anda harus memahami apa yang dibutuhkan. Ini berpengaruh pada panjang pembalut yang akan dipilih. Sebaiknya gunakan pembalut yang panjang dan berukuran slim di awal menstruasi, gunakan pembalut biasa saat periode menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

4. Bahan

Anda harus mengetahui bahan yang pas untuk Anda. Jangan sampai bahan yang digunakan dalam pembalut justru membuat kulit iritasi.

5. Ketahui aktivitas harian

Anda harus memilih pembalut yang sesuai dengan aktivitas harian. Gunakan pembalut ramping dan bersayap jika Anda berolahraga, pembalut ekstra juga diperlukan jika harus melakukan aktivitas yang berat.

(tst/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER