7 Jurusan Kuliah Favorit yang Bisa Jadi Pertimbangan

CNN Indonesia
Senin, 10 Jan 2022 14:01 WIB
Jika Anda tengah mencari jurusan kuliah yang cocok, berikut daftar jurusan kuliah favorit sebagai bahan pertimbangan. Jika Anda tengah mencari jurusan kuliah yang cocok, berikut daftar jurusan kuliah favorit sebagai bahan pertimbangan. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jurusan kuliah favorit masih jadi incaran sejumlah orang. Beberapa di antaranya menganggap kuliah di jurusan favorit membuka peluang mendapat pekerjaan lebih besar. Berikut jurusan kuliah favorit.

Meski demikian, mendaftar kuliah ke jurusan favorit tentu memiliki tantangan tersendiri, sebab pesaing yang dihadapi para calon mahasiswa biasanya juga lebih besar.

Jika Anda tengah mencari jurusan kuliah yang cocok, berikut daftar jurusan kuliah favorit sebagai bahan pertimbangan.


1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini cukup banyak diminati para calon mahasiswa. Ada beberapa peminatan di dalamnya, mulai dari hubungan masyarakat, jurnalistik, penyiaran hingga manajemen komunikasi.

Sebagaimana dilansir My Degree Guide, buat kamu yang memiliki keterampilan berbicara dan menulis yang kuat dapat jurusan komunikasi patut dicoba. Kemampuan ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan saat ini mulai dari start up, e-commerce, dan media.

Untuk gaji lulusan komunikasi di Indonesia rata-rata adalah Rp3-6 juta per bulan. Sedangkan di Amerika, jurusan komunikasi bisa memperoleh gaji mencapai Rp770 juta setiap tahunnya.

2. Hubungan Internasional

Hubungan internasional menjadi jurusan favorit karena memang banyak diminati para calon mahasiswa.

Di sini Anda akan belajar pola komunikasi dalam skala luas yakni global. Di jurusan ini Anda akan belajar tentang diplomasi, politik luar negeri, hukum internasional, hingga kerjasama internasional.

3. Akuntansi

Sebagai salah satu jurusan kuliah favorit, para mahasiswa akuntansi biasanya berfokus pada pelajaran seputar bisnis, keuangan, hingga pajak.

Ilmu akuntansi bisa diaplikasikan di berbagai sektor, tak jarang banyak calon mahasiswa yang berminat dengan jurusan ini karena dianggap mudah masuk ke dunia kerja.

Lulusan akuntansi akan bertanggung jawab untuk melacak pendapatan dan pengeluaran, menyiapkan laporan dan tetap di atas kewajiban pajak. Selain itu, beberapa akuntan juga mengurus penggajian.

Seorang akuntan di Indonesia rata-rata digaji mulai dari Rp4-8 juta per bulannya tergantung pengalaman dan lulusan terakhir yang ditempuh.

Sementara di luar negeri, pekerjaan di sektor keuangan memiliki besaran gaji tahunan rata-rata sekitar Rp80 juta per bulan. Biasanya hal itu didapatkan oleh akuntan yang memiliki publik bersertifikat (CPA).

4. Ilmu Komputer

Pada era serba digital, jurusan Ilmu Komputer menjadi salah satu jurusan perguruan tinggi paling populer di bidang teknologi untuk tahun 2021.

Jurusan ini banyak diminati karena peluang kerja di masa depan yang akan terus terbuka dari perusahaan hingga organisasi nirlaba.

Di luar negeri lulusan ilmu komputer bisa digaji mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara di Indonesia lulusan ilmu komputer dengan pengalaman tinggi juga bisa digaji hingga puluhan juta rupiah.

5. Teknologi Informasi

Sebagaimana dilansir Law UI, jurusan ini menjadi favorit di sejumlah kampus yang ada di Indonesia.

Lulusan teknologi informasi dapat membuka pintu bagi banyak pekerjaan seperti di bidang pemrograman, keamanan siber, dan pengembangan perangkat lunak. Secara rata-rata, lulusan jurusan ini bisa memiliki gaji awal sekitar Rp6 juta per bulan.

6. Kedokteran

Sebagaimana dilansir Nusa Mandiri, jurusan kedokteran memang jadi salah satu jurusan yang banyak diminati para calon mahasiswa.

Peminatnya bahkan selalu meningkat setiap tahun. Berbagai ilmu medis akan dipelajari di jurusan ini.

Agar lolos dan bisa berkuliah di jurusan ini, Anda harus memiliki bekal sejak di bangku sekolah dengan mengambil jurusan IPA.

7. Psikologi

Di dunia modern, jurusan psikologi juga banyak diminati. Jurusan ini membantu kamu memahami lebih banyak tentang pikiran dan perilaku. Pengetahuan ini akan memiliki aplikasi yang berguna di berbagai bidang.

Seorang psikolog di Indonesia bisa digaji hingga Rp5-15 juta per bulan tergantung keahlian, spesialisasi atau pengalamannya.

Sedangkan di luar negeri, sarjana psikologi bisa memperoleh gaji hingga ratusan juta setiap tahunnya.

Klik di sini untuk mengetahui jurusan kuliah favorit lainnya.

(tst)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER