7 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

tim | CNN Indonesia
Selasa, 11 Jan 2022 10:41 WIB
Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan. Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan. (iStockphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudah menentukan jurusan kuliah? Kadang pilihan jurusan kuliah jatuh pada jurusan-jurusan yang mengarah pada bidang pekerjaan yang disukai. Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Namun tak jarang, pilihan jurusan kuliah diambil berdasar kebutuhan dunia masa kini. Kenapa?

Jurusan-jurusan kuliah ini dianggap banyak dibutuhkan. Artinya, kesempatan kerja banyak dan kepastian mendapat pekerjaan tidak perlu dipertanyakan lagi.


Berikut jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan.

1. Data science

Jurusan satu ini mungkin tidak terlalu familiar di telinga. Padahal, jurusan ini sangat dibutuhkan di masa depan. Data science merupakan bidang interdisipliner yang menggunakan metode, proses, algoritma dan sistem ilmiah untuk mengekstrak data.

Dengan kata lain, ilmu ini seperti sebuah konsep yang menyatukan statistik, analisis data, informatika dan metode untuk memahami dan menganalisis data.

Sebagaimana dilansir dari India Today, hampir tiap industri menggunakan data science untuk menganalisis data besar, meningkatkan bisnis, dan melayani pelanggan lebih baik.

Seorang yang mengambil jurusan Data Science tidak hanya 'mentok' hanya jadi data scientist, tetapi ia juga bisa menjadi machine learning engineer, machine learning scientist, arsitek aplikasi dan arsitek perusahaan.

2. Farmakologi

Bidang kesehatan bisa dibilang bidang yang tak akan ada habisnya atau selalu dibutuhkan termasuk profesi apoteker. Untuk jadi apoteker, calon mahasiswa perlu mengambil kuliah jurusan Farmakologi.

Apoteker tak hanya diperlukan di apotek tetapi juga di organisasi penelitian, universitas, rumah sakit, industri farmasi, biotek dan lembaga pemerintah.

Bahkan bukan tidak mungkin di masa mendatang, apoteker akan diperlukan di perawatan rawat jalan, administrasi, asuransi dan farmasi khusus.

Selain apoteker, menurut Crimson Education, lulusan Farmakologi juga bisa berkarier menjadi farmakolog, pharmaceutical sales representative atau marketing manager dan penulis bidang kesehatan.

3. Keperawatan

Ada dokter, apoteker kemudian yang tidak bisa Anda lewatkan adalah profesi perawat. Jurusan Keperawatan layak dilirik melihat kini orang mulai meningkat kesadarannya soal kesehatan.

Bidang keperawatan tidak terbatas melayani di klinik atau rumah sakit tetapi ke depan akan semakin banyak perawat diperlukan untuk perawatan pencegahan penyakit kronis misal, diabetes dan obesitas.

Simak jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja lainnya di halaman berikut.

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER